SOLOPOS.COM - Anggota Satlantas Polres Demak berdiri di samping spanduk check point dan rest area di sebuah SPBU. (Tribratanewspoldajateng.com)

Info mudik 2016 dari Polres Demak menyebutkan telah disiapkannya check point dan rest area bagi pemudik.

Semarangpos.com, SEMARANG – Polres Demak menyiapkan sejumlah check point  dan rest area untuk membuat rasa aman serta nyaman bagi para kendaraan maupun pengemudi kendaraan pemudik Lebaran 2016 yang melintas di jalur pantura Demak.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Yang dimaksud dengan check point oleh para polisi Demak itu adalah lokasi pengecekan kondisi kendaraan yang ditumpangi para pemudik lebaran 2016. Kapolres  Demak AKBP Heru Sutopo melalui Kasatlantas AKP Yoppy Anggi Krisna dalam info mudik 2016 yang dipublikasikan Tribratanewspoldajateng.com, Minggu (3/7/2016), memaparkan tujuan pengoperasian check point dan rest area itu adalah untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas selama musim mudik Lebaran 2016.

“Kendaraan roda dua dan roda empat pemudik setelah menempuh perjalan jauh bisa berhenti di area check point untuk diperiksa kondisi kendaraan oleh anggota kami [Satuan Polisi Lalu Lintas],” katanya.

Pemeriksan yang dilakukan, lanjut dia, meliputi  pemeriksaan keausan ban, sistem kelistrikan, lampu, rem, spion, dan kopling. Apabila kendaraan selesai dicek polisi anggota Satuan Polisi Lalu Lintas (Satlantas) Polres Demak dan dinyatakan memenuhi persyaratan laik jalan, maka akan diberikan stiker yang ditempel pada kendaraan tersebut.

“Kami juga menyediakan rest area untuk tempat istirahat para pemudik  guna memulihkan tenaga sehingga terhindar dari capek, lelah maupun mengantuk yang bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan,” ujar Yoppy.

Dia menambahkan Satlantas Polres Demak  telah menyiapkan sejumlah lokasi cek point dan rest area antara lain stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) Desa  Batu Kecamatan Karangtengah. SPBU Modern, Desa Wonorejo Kecamatan  Karanganyar, SPBU Bandungrejo, Kecamatan Mranggen, dan SPBU Boyor, Karangawen.

Selain itu juga di Markas Komando Rayon Militer (Koramil), Pos Terpadu, Pos Pengamanan Operasi Ramadniya Candi 2016 Polres Demak. “Dengan adanya area cek point dan rest area para pemudik bisa merasa lebih nyaman dan aman dan selamat sampai tujuan. Ini merupakan  salah satu bentuk pelayanan Polri kepada masyarakat yang sedang melaksanakan perjalanan mudik, pulang di kampung halaman,” ujar Yoppy.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya