SOLOPOS.COM - Rombongan Mudik Warmindo berfoto bersama sebelum berangkat mudik di Parkiran Among Rogo, Jogja, Rabu (29/06) malam. (Foto istimewa)

Info mudik 2016 di Jogja, ribuan pemilik warung makan Indomie mudik bareng

Harianjogja.com, JOGJA- Mudik lebaran tahun ini menjadi lebih tenang bagi pekerja Warung Makan Indomie (Warmindo) di DIY. Pasalnya, selama perjalanan mudik mereka terlindungi dalam program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Hal tersebut dikatakan Ketua organisasi Owner Warmindo yang tergabung dalam Paguyuban Pengusaha Warung Kuningan (PPWK) Jogja, Andi Waruga. Dia menjelaskan, mudik tahun ini disamping kerjasama dengan Indofood, Warmindo juga bekerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.

“Ini kami lakukan untuk dapat memberikan perlindungan jaminan sosial bagi pekerja Warmindo yang mudik,” saat melepasan rombongan Mudik Warmindo di Parkiran Among Rogo, Jogja, (29/06/2016) malam.

Perlindungan Jaminan Sosial, kata Andi, sangat penting bagi pekerja Warmindo. Apalagi saat mudik, segala resiko bisa saja terjadi meskipun tidak diharapkan. Dengan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, lanjutnya, ketika resiko itu datang dapat mengurangi beban pekerja dan keluarganya.

“Iurannya relatif terjangkau dan manfaatnya sangat luas, salah satunya adalah biaya pengobatan sampai sembuh ketika terjadi resiko kecelakaan kerja, dan banyak lagi manfaat lainnya,” ujar Andi.

Program yang diikuti pekerja Warmindo adalah program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM) dan Jaminan Hari Tua (JHT). Sebagai owner, para pengusaha warung makan itu berharap iklim kerja yang kondusif dan ketenangan pekerja dalam bekerja.

Di tempat yang sama, Kepala PT Indofood Tbk area Jawa Tengah dan DIY Devi Permana mengatakan kegiatan mudik yang dilakukan perusahannya merupakan kegiatan rutin tahunan dan telah berjalan 22 tahun.

“Pada tahun ini kami menyedikan 33 bus dengan kapasitas sekitar 1.500 penumpang. Pekerja Warmindo dan keluarganya, semua adalah mitra Indofood,” ujar Devi.

Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketengakerjaan Jogja Moch. Triyono mengatakan, pihaknya telah menerima laporan dari paguyuban Warmindo daftar nama pekerjanya yang terdaftar sebagai peserta program jaminan sosial ketenagakerjaan.

“Kami akan berikan perlindungan JKK dan JKM saat perjalanan mudik dan kembali ke tempat bekerja bagi peserta dari Warmindo,”ujarnya.

BPJS Ketenagakerjaan, ujar Tri, berkomitmen untuk memberikan perlindungan dasar kepada tenaga kerja tanpa melihat latar belakang besar kecilnya usahanya. “Semua pekerja wajib terlindungi oleh program ini sesuai amanah UU. No.24/2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial,” ungkap Tri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya