SOLOPOS.COM - ilustrasi (Maulana Surya/JIBI/Espos)

Info mudik 2016 di Gunungkidul, PMI menyiapkan tiga posko

 

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-– Palang Merah indonesia cabang Gunungkidul siagakan tiga posko lebaran untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Ketiga posko tersebut meliputi posko sekitar Balai desa Gading, Posko Paliyan, serta di rumah induk PMI Gunungkidul.

Ketua PMI Gunungkidul, Iswandoyo mengatakan bahwa pihaknya bekerjasama dengan beberapa organisasi antara lain anggota Pramuka, SAR, RAPI, Banser dan Sekolah Kesehatan.

Dijelaskannya posko tersebut untuk melayani para pemudik yang diperkirakan memasuki Gunungkidul sebanyak 166.500 orang. Menjelang lebaran ketiga posko tersebut akan disiagakan, namun setelah lebaran akan dilakukan pergeseran lokasi.

“Yang posko Paliyan dan markas tetap, sedangkan posko Gading H+ lebaran akan kami geser ke wilayah selatan, di wilayah pesisir,” jelasnya, Selasa (28/6/2016).

Berdasarkan pengalaman tahun kemarin, posko PMI dibutuhkan di wilayah selatan. Sebabnya, merupakan kawasan yang jauh dari kota serta merupakan kawasan wisata.

Dikhawatirkan apabila terjadi kecelakaan, korban bisa mendapatkan pertolongan pertama di posko PMI terlebih dahulu untuk selanjutnya apabila diperlukan pertolongan medis lebih lanjut, dapat dirujuk ke rumah sakit.

Ia pun telah mempersiapkan sejumlah ambulan yang standby dan dapat dimanfaatkan sewaktu-waktu masyarakat membutuhkannya.

“Di Markas PMI kami siapkan ambulan donor darah dan ambulan khusus jenazah. Sedangkan di masing-masing posko juga sedia satu ambulan,” ujarnya.

Selain posko, sumberdaya manusia seperti anggota relawan dan driver pun telah siap siaga. Sopir telah dipersiapkan dengan mengetahui jalur-jalur mana saja yang dapat dilewati dengan cepat tanpa terhambat kemacetan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya