SOLOPOS.COM - Sejumlah kendaraan berjalan perlahan saat melintasi genangan air di jalur Pantura Kota Kendal, Jateng, Senin (20/6/2016). Hingga hari kedua banjir Kendal, air masih menggenangi ruas jalan pantura dan komplek perkantoran yang menyebabkan lalu lintas tersendat dan pelayanan kantor diliburkan. (JIBI/Solopos/Antara/Anis Efizudin)

Info mudik 2016 terkait jalur pantura Jateng wilayah Kendal, menyebutkan perlunya mewaspadai banjir.

Semarangpos.com, KENDAL — Bencana alam berupa banjir menjadi salah satu ancaman kelancaran arus mudik Lebaran 2016 di sepanjang jalur pantai utara (pantura) Jawa Tengah (Jateng) sehingga perlu segera ada tindakan darurat dari pihak terkait.

Promosi Efek Ramadan dan Lebaran, Transaksi Brizzi Meningkat 15%

Jalur pantura Jateng di wilayah Kabupaten Kendal, Minggu (19/6/2016), mengalami kemacetan arus kendaraan dari arah barat (Jakarta) hingga puluhan kilometer akibat banjir, tepatnya di ruas Jl. Ketapang. Antrean kendaraan yang didominasi truk terpaksa berjalan pelan, tapi lebih sering berhenti selama beberapa menit saat melalui genangan banjir di beberapa titik.

Banjir dengan ketinggian air sekitar 50 cm itu disebabkan luapan air dari Sungai Blorong, setelah hujan deras yang mengguyur Kabupaten Kendal mulai Sabtu (18/6/2016) sore hingga tengah malam. Kemacetan yang disebabkan banjir itu diperparah dengan cukup banyak pengendara sepeda motor yang mendorong motor mereka akibat mogok setelah berusaha melewati genangan air.

Selain memacetkan lalu lintas di jalur pantura, banjir di Kabupaten Kendal juga menggenangi sejumlah rumah warga di Kecamatan Kaliwungu, Brangsong, Pegandon, dan Ngampel sejak Minggu pagi. Salah seorang pengemudi asal Kota Semarang Senjaya, 35, meminta jajaran Pemkab Kendal beserta polres setempat segera menyiapkan jalur alternatif untuk menghindari daerah yang tergenang banjir.

“Dengan diarahkan kendaraan melalui jalur alternatif diharapkan tidak terjadi kemacetan yang parah akibat banjir di jalur pantura ini,” katanya sebagaimana dikutip Kantor Berita Antara untuk info mudik 2016.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya