INFO MUDIK 2016 : Mau ke Solo-Jogja, Lalu Lintas Delanggu Klaten Dialihkan

 Kendaraan berhenti di traffic light simpang tiga Prambanan, Minggu (3/7/2016) siang. Kondisi arus lalu lintas pada H-3 Lebaran di Klaten masih ramai lancar. (Taufiq Sidik Prakoso/JIBI/Solopos)

SOLOPOS.COM - Kendaraan berhenti di traffic light simpang tiga Prambanan, Minggu (3/7/2016) siang. Kondisi arus lalu lintas pada H-3 Lebaran di Klaten masih ramai lancar. (Taufiq Sidik Prakoso/JIBI/Solopos)

Info mudik 2016 terjadi kepadatan di Delanggu Klaten.

PromosiSAFEnet Luncurkan Platform Pengaduan Pelanggaran Hak-Hak Digital

Solopos.com, KLATEN – Arus lalu lintas di wilayah Klaten pada H-3 Lebaran atau Minggu (3/7/2016) mulai menunjukkan peningkatan. Sementara itu, pengalihan jalur sempat dilakukan di ruas jalan raya Jogja-Solo.

Kasatlantas Polres Klaten, AKP Kemas Indra Natanegara, mengatakan pengalihan jalur dilakukan di wilayah Delanggu. Kendaraan yang melintas dari Klaten menuju ke Solo diarahkan melintasi jalur lingkar Delanggu.

Hal itu dilakukan setelah banyak warga memadati pusat perbelanjaan wilayah Kecamatan Delanggu hingga membuat kondisi arus lalu lintas di jalur utama padat. “Kami terapkan pengalihan arus lalu lintas ke jalur lingkar Delanggu karena kondisi jalur utama padat. Pengalihan ya hanya sekitar 15 menit saja,” kata Kasatlantas, Minggu.

Terkait kondisi arus lalu lintas Kemas menjelaskan pada Minggu mulai menunjukkan peningkatan. “Untuk kondisi arus lalu lintas masih ramai lancar. Untuk kepadatan masih terjadi di pusat perbelanjaan,” ungkap dia.

Diperkirakan, jumlah pemudik yang mengendarai kendaraan pribadi melintas di wilayah Klaten terus mengalami peningkatan mulai Minggu (3/7) sore hingga malam. “Yang jelas, rekayasa lalu lintas sudah kami siapkan jika sewaktu-waktu arus lalu lintas padat,” katanya.

Kepala Pos Pelayanan Lebaran di Prambanan, AKP Danang Eko Purwanto, mengatakan kondisi arus lalu lintas di Prambanan masih normal meski ada peningkatan jumlah kendaraan yang melintas. “Arus lalu lintas ada peningkatan tetapi masih normal. Beberapa pemudik sudah masuk wilayah Klaten terutama dari barat atau Jogja,” katanya.

Direktur Tahanan dan Barang Bukti Polda Jateng, AKBP Eko Sumardiyanto, memperkirakan arus lalu lintas mengalami peningkatan siginifikan mulai Minggu malam. “Dari pantauan kami ke pusat-pusat perbelanjaan dan terminal masih sepi. Barangkali melonjak pada Minggu sore atau malam,” jelas Eko saat ditemui di Pos Pelayanan Prambanan, Minggu.

Sementara itu, berdasarkan data di Dinas Perhubungan (Dishub) Klaten, jumlah kendaraan yang melintas di Klaten pada Minggu pagi hingga pukul 12.00 WIB mencapai 41.178 unit. Kendaraan itu terdiri dari 20.099 sepeda motor, 10.540 kendaraan roda empat, serta 10.539 unit kendaraan lainnya seperti bus, truk, dan angkutan umum lainnya.

“Jika dibandingkan pada hari dan jam yang sama arus mudik 2015 lalu, ada penurunan jumlah kendaraan yang melintas sekitar 11 persen. Pada lebaran lalu, jumlahnya mencapai 46.432 kendaraan,” kata Kabid Angkutan Dishub Klaten, Joko Suwanto.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Pencanangan 2022 Sebagai Tahun Toleransi Belum Dipahami Publik

+ PLUS Pencanangan 2022 Sebagai Tahun Toleransi Belum Dipahami Publik

Pencanangan 2022 sebagai tahun toleransi menemukan momentum tepat. Segregasi sosial dan pertentangan luas di masyarakat akibat politik identitas pada 2017 dan 2019 tidak boleh terulang pada 2024.

Berita Terkini

B20 Inception Meeting, Upaya Akslerasi Pertumbuhan Ekonomi Global

Dalam Presidensi G20 diupayakan penciptaan ide-ide baru yang diwujudkan melalui berbagai aksi nyata bagi kehidupan masyarakat lintas batas dan lintas negara.

Hidangan Tahun Baru Imlek Ini Dianggap Bawa Keberuntungan

Saat perayaan Tahun Baru Imlek ada beberapa hidangan simbolis yang selalu menghiasi meja makan lantaran dianggap bisa bawa keberuntungan.

Menegangkan! Detik-Detik Pengemudi Mobil Berputar di Samping Jurang

Sosok pria pengemudi mobil melakukan aksi nekat saat berbalik arah di jalan yang sempit dan berada di samping jurang.

Tepergok Curi Kotak Amal di Sukoharjo, Pria Matesih Diamankan Polisi

Setelah diinterogasi oleh saksi, pelaku kemudian mengakui telah nekat mencuri kotak amal masjid.

Gibran Ingin Sentra IKM Pasar Mebel Gilingan Solo Dibikin Seperti IKEA

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka ingin agar sentra IKM di lahan Pasar Mebel Gilingan, Banjarsari, bisa dibangun menjadi seperti IKEA.

Timnas Indonesia Gasak Timor Leste, Shin Tae-yong Kok Malah Kecewa

Timnas Indonesia sukses memetik kemenangan atas Timor Leste dalam laga uji coba dengan skor 4-1. Pelatih Indonesia, Shin Tae-yong justru kecewa dengan penampilan anak asuhnya.

Desa Wisata di Klaten Harus Bersinergi, Jangan Saling Bunuh

Setiap desa yang memperoleh SK Bupati Klaten dapat menjadi pelopor pengembangan wisata di desa dan di sekitar desa.

Pemkot Madiun Gelontorkan Rp4,7 Miliar untuk Lapak UMKM, Banyak Banget?

Pemerintah Kota Madiun bakal mengalokasikan anggaran Rp4,7 miliar untuk pengembangan dan penyempurnaan lapak UMKM yang ada di kelurahan.

Giliran Partai Gerindra Sragen Laporan Edy Mulyadi ke Polisi

Anggota DPRD dan pengurus DPC Partai Gerindra Sragen melaporkan Edy Mulyadi ke Polres Sragen dengan tuduhan menghinda dan mencemarkan nama baik Prabowo Subianto.

Alfamart dan Nestlé Ajak UKM Bangkit di Festival UKM Sabang-Merauke

Festival UKM ini merupakan upaya Alfamart dan Nestlé untuk membantu dan memberdayakan pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) di seluruh Indonesia.

Persebaya Surabaya Tanpa 5 Pilar, PSS Sleman Tetap Waspada

Persebaya Surabaya dipastikan tidak bisa diperkuat lima pemainnya ketika menghadapi PSS Sleman pada laga pekan ke-21 BRI Liga 1 2021.

Jarang Dipakai, Mobil-Mobil Milik Warga Eks Miliarder Tuban Rusak

Setelah sempat menjadi 'crazy rich', warga Tuban kini dikabarkan bangkrut karena dana hasil ganti untung pembebasan lahan yang akan digunakan untuk proyek Grass Root Refinery (GRR) Tuban telah habis.

KPBU Jilid II, Bupati Ajak Investor Bangun 9.900 Titik APJ di Madiun

Bupati Madiun, Ahmad Dawami, menggandeng investor untuk ikut membangun alat penerangan jalan di 9.900 titik di Kabupaten Madiun.

Meja Makan Bisa Bawa Rezeki untuk Rumah Baru, Begini Cara Penataannya

Perhatikan penerapan fengshui dalam penataan meja makan supaya bawa rezeki untuk seluruh penghuni rumah.

Tenaga Honorer akan Dihapus, Jekek: Wonogiri Sebenarnya Masih Butuh

Bupati Joko Sutopo mengatakan peran tenaga honorer sangat membantu organisasi perangkat daerah (OPD) dalam menyelesaikan berbagai tugas.

Ini Dia 5 Inspirasi Model atasan Batik Kekinian

Jika Anda masih bingung memilih baju atasan yang bagus, Anda bisa simak 5 inspirasi model atasan batik kekinian berikut ini