SOLOPOS.COM - Ruas jalan provinsi dari perbatasan Purworejo hingga Sentolo diperkirakan menjadi titik rawan kemacetan selama arus mudik dan arus balik Lebaran, Rabu (22/6/2016). (Sekar Langit Nariswari/JIBI/Harian Jogja)

Info mudik 2016, wilayah Kulonprogo diprediksi menjadi titik lelah bagi pemudik

Harianjogja.com, KULONPROGO- Kulonprogo diprediksi menjadi titik lelah bagi pemudik karena lokasinya yang berada di tengah jalur selatan. Selain itu, jenis jalan yang lurus dan bergelombang rawan mengakibatkan pengedara lalai dan mengakibatkan kecelakaan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Hal tersebut dinyatakan oleh AKP Imam Bukhori, Kasatlantas Polres Kulonprogo saat apel kesiapan personil Satlantas di Mapolres Kulonprogo, Rabu(29/6). Hal ini dikarenakan pemudik yang didominasi berasal dari Jakarta biasanya akan sampai ke Kulonprogo pada dini hari sehingga masuk dalam jam lelah dan kantuk.

Selain itu, diperkirakan ada sejumlah titik rawan laka yakni di Demen, Temon, area jalan Daendels di Panjatan, Dalangan, Wates, dan Dudukan, Sentolo. “Kita akan bangun pos pengaman di daerah itu,” ujarnya.

Pemudik juga bisa memanfaatkan rest area yang telah dibangun di sepanjang jalan nasional untuk beristirahat guna menghindarkan diri dari kecelakaan. Papan himbauan juga akan dipasangan di lokasi rawan kecelakaan.

Guna mengatasi potensi kemacetan di Karangnongko maka akan diberikan pembatas marka. Selain itu, upaya pemecah kemacetan juga akan dilakukan di sejumlah kawasan lainnya sesuai dengan kondisi masing-masing.

Polres Kulonprogo sendiri akan menerjunkan 10 kendaraan roda empat dan 30 kendaraan roda dua untuk mengamankan jalur mudik. Personil yang diturunkan merupakab gabungan dari Polres dan Polsek di Kulonprogo.

Lebih lanjut, Imam menyatakan telah meminta anggotanya untuk melakukan pengecekan kendaraan yang akan digunakan untuk mengamankan jalur selama arus mudik dan balik Lebaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya