SOLOPOS.COM - Ilustrasi mudik dengan kereta api (JIBI/Solopos/Antara)

Info mudik yang disampaikan KAI Semarang menyebutkan adanya 3 kereta api tambahan Lebaran 2016.

Semarangpos.com, SEMARANG — PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daops) IV Semarang menyiapkan tiga kereta api (KA) tambahan untuk melayani penumpang pada masa angkutan Lebaran 2016. Info mudik itu disampaikan Kepala PT KAI Daops IV Semarang Andika Tri Putranto di Semarang, Jumat (24/6/2016).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menurutnya, ketiga KA tambahan yang disiapkan PT KAI Daops IV Semarang itu adalah KA Tawang Jaya Lebaran, KA Argo Muria Lebaran, dan KA Argo Sindoro. Ketiga kereta api tambahan itu melayani rute Semarang-Jakarta PP, baik di Stasiun Pasar Senen maupun Stasiun Gambir.

Untuk KA Tawang Jaya Lebaran yang melayani penumpang rute Stasiun Tawang Semarang-Stasiun Pasar Senen Jakarta PP akan menarik 14 kereta penumpang dengan kapasitas 1.792 penumpang. Sementara KA Argo Muria Lebaran dan KA Argo Sindoro yang sama-sama melayani rute Stasiun Tawang Semarang-Stasiun Gambir Jakarta PP berkapasitas penumpang masing-masing 900 orang.

“Kami prediksikan lonjakan penumpang pada arus mudik dan balik Lebaran tahun ini mencapai 6%-7% di H-3 Lebaran. Sebanyak 400 kursi untuk kelas Eksekutif juga akan ditambah,” katanya seusai Apel Gelar Pasukan Posko Angkutan Lebaran 2016 di Stasiun Tawang.

Kepala Humas PT KAI Daops IV Semarang Gatut Sutiyatmoko menambahkan sebenarnya ada tujuh KA tambahan yang melewati wilayah Daops IV Semarang pada masa angkutan Lebaran 2016 ini. Namun, kata dia, empat KA tambahan Lebaran, yakni KA Sembrani Lebaran, KA Matarmaja Lebaran, KA Kertajaya Lebaran, dan KA Mantap Lebaran bukan milik Daops IV Semarang.

PT KAI menetapkan masa angkutan Lebaran 2016 selama 22 hari, yakni mulai Jumat (24/6/2016) atau H-12 Idulfitri hingga 17 Juli 2016 atau H+10 Idulfitri  dengan puncak arus balik diperkirakan Minggu, 10 Juli 2016 (H+3). Secara keseluruhan, Gatut menyebutkan Daops IV Semarang menyiapkan 34 KA reguler dengan total kapasitas 15.412 penumpang, ditambah KA tambahan yang akan melintas di wilayah Daops IV Semarang.

“Prediksi kami, ada peningkatan jumlah penumpang pada angkutan Lebaran tahun [2016] ini menjadi 393.335 penumpang dibandingkan Lebaran tahun [2015] lalu sebanyak 371.091 penumpang,” ujarnya memungkasi info mudik Lebaran 2016 itu.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya