SOLOPOS.COM - Sebuah truk melintas di jalur alternatif ruas Tol Bawen-Salatiga, wilayah Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Selasa (28/6/2016). (JIBI/Semarangpos.com/Antara/Aditya Pradana Putra)

Info mudik yang disampaikan Dinas Bina Marga Jateng menguatkan optimisme pemanfaatan jalan tol ruas Bawen-Salatiga untuk musim mudik Lebaran 2016.

Semarangpos.com, SEMARANG — Jalan tol Semarang-Solo ruas Bawen-Salatiga bakal dimanfaatkan sebagai jalur alternatif pengurang kemacetan di jalur utama mudik Lebaran 2016. Kendati masih dalam proses pembangunan, ruas jalan tol itu telah diuji coba penggunaannya, Selasa (28/6/2016) dan Rabu (29/6/2016).

Promosi BI Rate Naik Jadi 6,25%, BRI Optimistis Pertahankan Likuiditas dan Kredit

“Kalau tidak ada kendala saat uji coba pada hari ini dan besok, maka Kamis [30/6/2016] akan dibuka,” kata Kepala Dinas Bina Marga Jateng Bambang Nugroho di Semarang, Selasa (28/6/2016).

Ia menjelaskan bahwa uji coba pada ruas jalan tol sepanjang 14,5 km itu akan terfokus pada pengecekan kesiapan fasilitas dan sarana prasarana dengan prioritas keamanan pengguna jalan.

Diungkapkannya, kondisi jalan tol Bawen-Salatiga saat ini sudah dibeton semua dan secara umum dinyatakan siap untuk dioperasikan pada musim mudik Lebaran 2016 ini.

“Selain sudah selesai pengecoran, pada jalan tol Bawen-Salatiga juga sudah dipasang rambu dan marka jalan, termasuk pembangunan ‘rest area’ di KM 20 yang bisa menampung sekitar 300 orang,” ujarnya.

Guna menghindari Jembatan Sungai Tuntang di Desa Delik, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang yang belum selesai dibangun, para pengguna jalan tol diarahkan keluar dari tol Bawen menuju jalan nasional Bawen-Salatiga melewati jalan milik PTPN IX di Desa Asinan.

Pengguna jalan tol kemudian masuk tol lagi melalui jalur jalan Desa Tlogo, Kecamatan Tuntang, sepanjang 1 km dan keluar tol di Kecamatan Tingkir, Kota Salatiga.

Sebelumnya, PT Trans Marga Jateng terus berupaya menyiapkan jalan tol Semarang-Solo ruas Bawen-Salatiga agar dapat digunakan masyarakat pada arus mudik Lebaran 2016, khususnya saat arus kendaraan di jalur utama padat.

“Bawen-Salatiga masih diupayakan untuk dioperasikan saat mudik Lebaran, meskipun jalur yang dilewati tidak langsung terhubung dengan jalur tol ruas Semarang-Bawen,” kata General Manager Teknik dan Operasional PT Trans Marga Jateng Prayudi memungkasi info mudik Lebaran 2016 itu.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya