SOLOPOS.COM - Ilustrasi Puskesmas (JIBI/Solopos/Dok)

Info mudik 2016, DKK Solo menyiagakan 4 Puskesmas induk selama 24 jam.

Solopos.com, SOLO–Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo mengerahkan puluhan tenaga medis dan paramedis selama Lebaran. Mereka disiagakan di posko kesehatan dan 17 Puskesmas tersebar di Kota Bengawan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Siti Wahyuningsih, ketika dijumpai di ruang kerjanya, Rabu  (29/6/2016), mengatakan 17 puskesmas induk disiagakan selama Lebaran. Empat puskesmas rawat inap di antaranya bakal dioperasikan 24 jam, yakni, Puskemas Gajahan, Puskesmas Pajang, Puskesmas Banyuanyar, dan Puskesmas Sibela Mojosongo.

Di setiap puskesmas akan diberlakukan sistem piket bagi dokter dan tenaga medis. Menurutnya, pengoperasionalan puskesmas juga rutin dilakukan pada momentum Lebaran. Berkaca pada tahun-tahun sebelumnya, biasanya tetap banyak warga yang memanfaatkan layanan puskesmas saat Lebaran.

“Kita berlakukan sistem piket. Petugas akan bekerja secara bergilir. Mohon laporkan jika ditemukan puskesmas tutup,” kata dia.

Selain menyiagakan puskesmas, dia mengatakan juga membangun posko kesehatan selama Lebaran. Posko tersebut tersebar di Superindo Jl. Adisucipto, Terminal Tirtonadi, Jl. Bhayangkara, Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ), Gladag, Joglo, Taman Kerten, Purwosari. Setiap posko, lanjut dia, akan tempatkan empat tenaga medis. Tim siaga 24 jam dengan sistem sif, terbagi dalam tiga sif.

“Kami juga membekali obat-obatan di setiap posko,” tuturnya.

Dia mengatakan timnya akan bergabung dengan tim pengawasan keamanan dan lalu lintas di masing-masing posko. Lebih lanjut dia mengatakan, seluruh unit ambulans yang dimiliki DKK juga ikut disiagakan. DKK memiliki 22 ambulans, di antaranya 17 unit berada di masing-masing puskesmas dan empat unit ada di Kantor DKK, plus satu unit ambulans milik RSUD Solo.

“Tidak hanya puskesmas yang disiagakan selama Lebaran. Namun seluruh rumah sakit yang ada di Solo tentunya juga siaga,” katanya.

Dia mengatakan apotek 24 jam juga akan tetap buka selama Lebaran. Sehingga  pelayanan kesehatan tetap berjalan seperti biasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya