SOLOPOS.COM - Ilustrasi kemacetan Jogja (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Info mudik 2016 mengenai rekayasa jalan untuk mencegah kemacetan.

Harianjogja.com, JOGJA – Lebih dari empat juta kendaraan bermotor pribadi diprediksi membanjiri DIY selama masa lebaran nanti. Berbagai pihak pun mengambil ancang-ancang menghindari terjadinya kepadatan lalu lintas yang terlalu parah.

Promosi Selamat Datang di Liga 1, Liga Seluruh Indonesia!

Direktur Lalu Lintas Polda DIY Mulia Hasudungan Ritonga mengatakan pihaknya sudah mengantisipasi akan terjadinya penumpukan kendaraan di kawasan Malioboro dan sekitarnya. Saat kepadatan lalu lintas ke Malioboro tinggi, kendaraan yang tiba dari arah jalan Mangkubumi akan diarahkan ke Kridosono untuk berputar dan kembali ke jalur menuju Malioboro.

Ekspedisi Mudik 2024

Di kawasan Malioboro nanti, area sirip juga akan dimaksimalkan untuk memecah kepadatan. Setiap sirip Malioboro akan menjadi akses keluar dari jalan Malioboro.

“Rekayasa ini akan dipantau oleh personel yang ditempatkan di titik-titik strategis di Malioboro,” kata Ritonga, Jumat (24/6/2016)

Selain merekayasa jalur di kawasan Malioboro, Polda DIY juga sudah mengantisipasi penumpukan kendaraan di kawasan pantai selatan terutama di Gunungkidul. Jalur masuk ke Gunungkidul dibagi menjadi dua akses utama, melalui jalan Baron dan jalur alternatif Jalan Jalur Lingkar Selatan (JJLS) dari Bantul.

Di jalur jalan Baron, jalan akan menjadi satu jalur mulai dari pertigaan Mulo hingga ke kawasan pantai selatan. Kendaraan yang akan keluar dari kawasan pantai selatan dapat menuju arah timur untuk melewati deretan pantai lain sampai ke pantai Indrayanti atau berbelok ke barat untuk menuju JJLS.

“Pengamatan kami sekarang pantai di Gunungkidul sudha jadi destinasi utama, jadi pengaturan lalu lintas di kawasan itu akan kami perketat agar wisatawan dapat berkunjung dengan nyaman,” imbuh Ritonga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya