SOLOPOS.COM - Ilustrasi kemacetan arus lalu lintas dari dari depan Terminal Tingkir hingga Pasar Kembangsari, Salataiga. (R. Bambang Aris Sasangka/JIBI/Solopos)

Info mudik yang disampaikan Kabag Ops Polres Salatiga menyebutkan empat titik rawan macet di Salatiga.

Semarangpos.com, SALATIGA – Sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Indonesia untuk pulang ke udik saat libur Lebaran. Tradisi mudik itu pun membuat lonjakan signifikan arus lalu lintas di berbagai daerah sehingga menimbulkan kemacetan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Di Kota Salatiga ada beberapa lokasi yang diprediksi rawan kemacetan saat musim mudik Lebaran tiba. Info mudik yang didasarkan pada pemetaan daerah rawan macet sudah dibeberkan oleh Polres Salatiga saat menggelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dengan berbagai unsur Forkominda Kota Salatiga di Gedung Pertemuan Mapolres Salatiga, Rabu (22/6/2016).

“Ada beberapa titik-titik rawan kemacetan di Salatiga, yakni pasar tumpah di Jalur Lingkar Salatiga (JLS), kemudian Jl. Jenderal Sudirman, tepatnya di depan Pasar Raya, pertigaan Cebongan, dan juga exit tol Bawen-Salatiga di Cengek, Tingkir,” ujar Kabag Ops Polres Salatiga, Kompol Sutarto, dalam paparan info mudik 2016 di Rakor Lintas Sektoral itu.

Keempat lokasi itu memang patut diwaspadai sebagai titik rawan macet. Pasalnya, tidak hanya saat libur Lebaran di keempat titik itu saat hari-hari libur nasional maupun weekend seringkali mengalami kemacetan.

Pasar tumpah di JLS acapkali dipenuhi kendaraan baik dari pedagang maupun pengunjung hingga ke bahu jalan. Praktis, kondisi itu pun menggangu laju kendaraan baik yang menuju ke arah Solo maupun
sebaliknya.

Sementara itu, Jl Jenderal Sudirman, tepatnya di depan Pasar Raya, setiap harinya selalu dipenuhi aktivitas perdagangan. Kondisi itu pun diprediksi akan kian meningkat menyusul libur Lebaran. Begitu pula dengan pertigaan Cebongan. Jalur ini menjadi jalur perpotongan kendaraan baik yang dari arah JLS maupun yang berasal dari Gemolong, Sragen.

“Untuk exit tol Bawen-Salatiga kami belum tahu apa sudah bisa digunakan. Saat ini Kasatlantas sedang melakukan pengecekan kondisi terakhir. Tapi, apabila jalan itu mau dipakai, kami siap mengamankan,” beber Kapolres Salatiga AKBP Yudho Hermanto.

Untuk mengantisipasi kemacetan di keempat titik itu, pihak Polres Salatiga bekerja sama dengan berbagai unsur sudah menyiapkan dua pos pengamanan (pospam), satu pos pelayanan (posyan) dan satu pos pemantau. Kedua pospam itu akan ditempatkan di pertigaan JLS Blotongan dan Cebongan.

Sementara itu, satu posyan akan ditempatkan di Jl. Jenderal Sudirman, tepatnya di depan Mal Tamansari. Sedangkan, satu pos pemantau akan diletakkan di wilayah Bendosari. “Selain pos-pos itu, kami juga akan menyediakan beberapa rest area sebagai tempat istirahat bagi para pemudik,” imbuh Kabag Ops.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya