SOLOPOS.COM - Sejumlah rambu-rambu penataan parkir di Jl. Jenderal Sudirman, depan Pasar Kota Wonogiri dipasang oleh petugas Dishubkominfo, Rabu (29/6/2016). Penataan parkir dilakukan untuk mengantisipasi kemacetan. (Bayu Jatmiko Adi/JIBI/Solopos)

Info mudik 2016, petugas memasang rambu-rambu larangan parkir di sekitar Pasar Kota Wonogiri.

Solopos.com WONOGIRI–Mulai Rabu (29/6/2017) sisi timur Jl. Jenderal Sudirman (Jensud) tepatnya di depan Pasar Kota Wonogiri harus bebas parkir. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi kemacetan yang biasanya terjadi saat musim lebaran.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Petugas Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Wonogiri dan kepolisian melakukan penataan ruas jalan tersebut. Sejumlah rambu-rambu yang menjelaskan tentang larangan parkir diletakkan di sisi timur jalan. Antara rambu-rambu yang satu dengan yang lain dihubungkan dengan tambang plastik untuk menghalau kendaraan agar tidak parkir di area tersebut. Sedangkan di sisi barat jalan, area parkir untuk kendaraan roda empat juga dibatasi. Terdapat rambu-rambu pembatas parkir yang dipasang di sepanjang jalur.

Ekspedisi Mudik 2024

Menurut Kepala UPT Perparkiran Dishubkominfo Wonogiri, Sudarno, penataan parkir tersebut hanya berlaku selama pelaksanaan pengawasan lalu lintas lebaran. “Ini hanya selama H-7 sampai H+10, jadi hanya untuk sementara,” kata dia saat ditemui wartawan di depan Pasar Kota Wonogiri, Rabu. Menurutnya penertiban tersebut merupakan hasil koordinasi lintas sektor. Alasan penertiban karena pada lebaran-lebaran sebelumnya, jalur tersebut rawan kemacetan. Selain sebagai pusat perekonomian, Jl. Jensud juga merupakan jalur utama dari Objek Wisata Waduk Gajah Mungkur (WGM) ke arah Sukoharjo maupun Solo.

“Dari evaluasi tahun lalu, maka kali ini kami coba untuk menata parkir. Jika cara ini dinilai berhasil untul mengatasi kemacetan, kemungkinan akan diberlakukan pada tahun-tahun berikutnya,” kata dia. Untuk sementara, lokasi parkir ditempatkan pada sisi gang-gang penghubung Jl. Jensud dan Jl. Kartini.

Ada beberapa lokasi yang menjadi fokus pengawasan lalu lintas atau angkutan umum selama musim lebaran. Pos-pos pengamanan pun mulai disiapkan di lokasi tersebut. Selain di depan Pasar Kota Wonogiri, pos juga didirikan di depan Objek Wisata (WGM), Terminal Giri Adipura, terminal Ngadirojo, Terminal Baturetno, Terminal Jatisrono, Terminal Purwantoro dan Terminal Pracimantoro. “Pos pusat ada di kantor Dishubkominfo. Selain itu pos terpadu juga dioperasionalkan,” ungkap Kepala Dishubkominfo, Ismiyanto.

Menurut Kasatlantas Polres Wonogiri, AKP Sri Anggono, mewakili Kapolres Wonogiri, AKBP Ronald Reflie Rumondor, ada beberapa ruas yang perlu diwaspadai saat memasuki masa lebaran. Jalur Wonogiri-Ngadirojo dinilai menjadi jalur yang rawan kecelakaan. Sedangkan jalur di depan Objek Wisata WGM merupakan jalur rawan macet. “Kami akan optimalkan pemantauan di jalur-jalur rawan kecelakaan dan rawan macet,” kata dia belum lama ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya