SOLOPOS.COM - Calon penumpang Kereta Api (KA) jarak jauh menunggu kedatangan kereta di lantai Stasiun Balapan Solo, Sabtu (2/1/2016). (Ika Yuniati/JIBI/Solopos)

Info mudik 2016 pada Sabtu (9/7/2016) Stasiun Balapan dipadati penumpang tujuan Jakarta dabn Bandung.

Solopos.com, SOLO—Penumpang kereta api (KA) arus balik yang menuju Ibu Kota Jakarta dan Bandung mulai memadati Stasiun Solo Balapan, Sabtu (9/7/2016). Saking padatnya, tempat parkir sepeda motor sempat ditutup selama beberapa jam karena tidak mampu menampung kendaraan bermotor yang masuk ke stasiun.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pantauan Solopos.com, calon penumpang datang silih berganti di Stasiun Solo Balapan, Sabtu. Calon penumpang KA bahkan rela duduk di lantai lorong stasiun karena kursi ruang tunggu tidak mampu memuat mereka. Kendati demikian, tidak sampai terjadi penumpukan penumpang yang berarti di stasiun tersebut.
Salah seorang penumpang, Rani, mengaku memilih naik kereta api karena lebih cepat dan nyaman.

“Naik kereta lebih cepat dan bebas macet. Tahu sendiri kalau Lebaran pasti macet dimana-mana. Untungnya saya masih kebagian tiket kembali ke Jakarta, soalnya Senin (11/7/2016) saya sudah masuk kerja,” katanya saat berbincang dengan Solopos.com, Sabtu.

Selain KA jarak jauh, KA jarak dekat Prameks relasi Solo-Yogyakarta pulang pergi (PP) juga masih dipadati penumpang. Bahkan, jumlah penumpang cenderung mengalami peningkata dari hari biasanya.

Data yang dihimpun Solopos.com di Stasiun Solo Balapan, jumlah penumpang kereta lokal pada Jumat (8/7/2016) mencapai 3.817 orang. Jumlah tersebut lebih banyak ketimbang Rabu (6/7/2016) dan Kamis (7/7/2016) yang masing-masing mencapai 1.918 penumpang dan 3.145 penumpang.

Kepala Stasiun Solo Balapan, Budi Santoso, memperkirakan puncak arus balik terjadi pada Sabtu- Minggu (9-10/7/2016).

“Perkiraannya Sabtu-Minggu karena pekan depan sudah banyak yang mulai aktif bekerja. Penumpang juga semakin banyak, tetapi enggak begitu tinggi penumpukan penumpang di stasiun. Penumpang KA lokal juga tidak begitu banyak antrean karena tiket bisa dipesan tujuh hari sebelumnya,” paparnya, Sabtu.

Sementara, lonjakan jumlah penumpang arus balik mulai terjadi pada Kamis (7/7). Jumlah penumpang melonjak dua kali lipat dibandingkan arus mudik. Tercatat, pada Selasa jumlah total penumpang mencapai 2862 orang, Rabu 3.255 orang, Kamis 6.177 orang, dan Jumat 7.121 orang.

Peningkatan penumpang juga terjadi di Bandara Adi Soemarmo Solo. Staf Humas PT Angkasa Pura (AP) I Bandara Adi Soemarmo, Dian Ratih Ristauri, mengatakan jumlah pesawat domestik yang datang pada Jumat ada 26 pesawat dengan jumlah 3.842 penumpang. Jumlah penumpang tersebut meningkat sekitar 27% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Sementara, keberangkatan juga mengalami kenaikan 57% dari tahun lalu. Jumlah penumpang yang berangkat pada Jumat mencapai 4.281 penumpang, sedangkan tahun lalu 2.726 penumpang.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya