SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemudik dari kapal yang berlabuh di Pelabuhan Semarang. (JIBI/Solopos/Antara)

Info mudik yang disampaikan PT Pelindo III mengungkapkan tersedianya enam bBus gratis di Pelabuhan Semarang.

Semarangpos.com, SEMARANG — PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Cabang Tanjung Emas Semarang menyediakan bus gratis untuk para penumpang kapal yang berlabuh di Pelabuhan Tanjung Emas pada momentum mudik Lebaran 2016.

Promosi Jelang Lebaran, BRI Imbau Nasabah Tetap Waspada Modus Penipuan Online

“Ada enam unit bus yang akan melayani empat rute menuju kota-kota di Provinsi Jawa Tengah, di antaranya yaitu rute Demak-Kudus-Pati, Temanggung-Wonosobo, Solo-Jogja dan rute pantura yang menuju Kendal-Pekalongan-Pemalang,” kata Kepala Humas Pelindo III Edi Priyanto dalam keterangan resminya di Semarang, Minggu (26/6/2016).

Dipaparkan dalam info mudik dari PT Pelindo itu bahwa bus gratis tersebut tersedia selama tujuh hari berturut-turut sejak H-7 hingga H-1 Idulfitri 1437 H atau Selasa (28/6/2016) hingga Selasa (5/7/2016). Menurut dia, seluruh peserta mudik gratis dilindungi oleh asuransi yang ditanggung seluruhnya oleh Pelindo III.

“Pemudik dapat langsung mendaftarkan diri begitu tiba di pelabuhan kedatangan pada loket pelayanan mudik gratis dengan menunjukkan tiket kapal dan bukti identitas diri,” katanya.

Edi mengatakan program tersebut dilaksanakan bekerja sama dengan PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) selaku operator kapal penumpang dan Perum Damri untuk menyediakan bus. Pemudik yang berkesempatan diantar ke kampung halaman pada beberapa kota di Jawa Tengah di antaranya berasal dari para penumpang Kapal Binaiya dari Pelabuhan Sampit, Kapal Egon dan Kelimutu dari Pelabuhan Kumai, Kapal Egon dari Pelabuhan Banjarmasin dan Kapal Lawit dari Pelabuhan Pontianak. “Enam bus ini mampu menampung 288 orang pemudik yang turun di pelabuhan utama di Jawa Tengah tersebut,” katanya.

Kegiatan serupa juga dilakukan di pelabuhan lain di bawah PT Pelindo III. Untuk Pelabuhan Tanjung Perak, penumpang yang diantar bus gratis merupakan penumpang dari Kapal Tidar dan Gunung Dempo dari Pelabuhan Makasar, Kapal Kelimutu dari Pelabuhan Kumai, Kapal Labobar dan Nggapulu dari Pelabuhan Balikpapan dan Kapal Bukit Raya dari Pelabuhan Pontianak. “Program mudik gratis bareng Pelindo III ini untuk memudahkan para penumpang kapal laut yang selanjutnya melanjutkan perjalanan dengan moda transportasi darat hingga selamat sampai kota tujuan,” katanya.

Edi mengatakan mereka yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut terkait program mudik gratis bagi penumpang kapal laut yang diselenggarakan oleh Pelindo III bisa langsung mengakses ke website www.pelindo.co.id.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya