SOLOPOS.COM - Ilustrasi angkutan Lebaran gratis. (www.antaranews.com)

Info mudik kali ini datang dari Kementerian Perhubungan yang memberikan fasilitas angkutan mudik gratis bagi warga Jawa Tengah di DKI Jakarta dan sekitarnya menjelang Lebaran 2016.

Semarangpos.com, SEMARANG – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memberikan fasilitas mudik bagi 16.800 orang warga Jawa Tengah yang berada di DKI Jakarta dan sekitarnya menjelang Lebaran 2016. Pulang ke kampung halaman di udik itu bisa dinikmati belasan ribu warga Jateng di Jakarta dengan cuma-cuma alias gratis.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Bidang Angkutan Darat Dishubkominfo Jawa Tengah (Jateng) Untung Sirinanto mengatakan mudik gratis Kemenhub 2016 dialokasikan ke Jateng. ”Kemenhub menyiapkan puluhan truk dan bus gratis untuk mengangkut 16.800 orang dan 8.400 sepeda motor milik pemudik ke berbagai daerah di Jateng,” katanya kepada Semarangpos.com seusai menjadi pembicara pada Prime Topic yang digelar Radio Sindo Trijaya Semarang, Senin sore (20/6/2016).

Ke-16.800 orang pemudik yang difasilitasi Kemenhub ini, lanjut dia, diantarkan hingga Kota Semarang, Purwokerto, Kebumen, Solo, Jogja, Wonosobo, Wonogiri, dan Tegal. Pemberangkatan para pemudik asal Jateng itu rencananya akan dilakukan pada 2 Juli 2016 dari Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta.

“Sedangkan untuk sepeda motor diangkut menggunakan truk pada 1 Juli mendatang dari Lapangan Parkir Gedung Bulog Divre 1 DKI Jakarta,” ungkapnya.

Untung menambahkan Dishubkominfo Jateng juga memberikan fasilitas mudik Lebaran gratis bagi warga Jateng yang ada di DKI Jakarta dan sekitarnya, dengan menggunakan tiga rangkai kereta api (KA). Tiga rangkaian KA dengan dengan total 1.936 tempat duduk itu akan diberangkatkan dari Stasiun Pasar Senen Jakarta pada 2 Juli 2016 dengan tujuan ke Semarang, Purworejo, dan Solo.

Berdasarkan info mudik 2016 yang diterima Semarangpos.com, jadwal keberangkatan ketiga rangkaian kereta api itu adalah pukul 07.15 WIB untuk tujuan ke Kota Semarang dengan kapasitas 608 tempat duduk, pukul 06.15 WIB untuk tujuan Purworejo dengan kapasitas 720 tempat duduk, dan pukul 12.30 WIB dengan tujuan Solo dengan kapasitas 608 tempat duduk.

“Fasilitas angkutan mudik gratis ini untuk mengurangi kepadatan arus lalu lintas kendaraan di jalan raya pada arus mudik Lebaran mendatang,” ujar Untung.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya