SOLOPOS.COM - Kondisi terkini jalan tol Soker di Kemiri, Kebakkramat, Karanganyar, Jumat (24/6/2016). (Kurniawan/JIBI/Solopos)

Info mudik 2016, masih ada 100 meter jalan tol Soker yang belum dibeton.

Solopos.com, KARANGANYAR–Hingga Jumat (24/6/2016) siang, masih ada sekitar 100 meter jalur tol Solo-Kertosono (Soker) yang belum dibeton, dari Kemiri, Kebakkramat, Karanganyar, hingga Pungkruk, Sragen.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kontraktor proyek, PT Solo Ngawi Jaya (SNJ) bertekad segera menuntaskan betonisasi titik-titik itu. Pernyataan itu disampaikan Pimpro Pembangunan Jalan Tol Soker dari PT SNJ, Iwan Rosa Putra.

“Masih ada beberapa titik kecil yang akan diselesaikan hari ini [Jumat]. Totalnya kurang dari 100 meter, tersebar di beberapa tempat,” ujar dia saat dihubungi Solopos.com melalui telepon seluler (ponsel).

Iwan menjelaskan jalan tol Soker akan dibuka mulai pada H-7 Lebaran 2016, atau Rabu (29/6/2016) mendatang. Saat jalur dibuka, dia memastikan kondisi beton sudah dapat dilalui kendaraan.

Tapi tak semua kendaraan bisa melalui beton itu. “Hari ini [Jumat] Insya Allah selesai, lalu pengeringan. Pada H-7 Lebaran jalur dibuka. Secara teknis sudah bisa dilalui mobil pribadi,” kata dia.

Iwan menerangkan sebagian beton jalan tol Soker ruas Kemiri, Kebakkramat, hingga Pungkruk, Sragen, akan dibongkar lagi. Pembongkaran dilakukan setelah masa balik Lebaran 2016.

Pembongkaran harus dilakukan lantaran beton tersebut hanya konstruksi sementara, untuk menyambut kedatangan pemudik. Beton yang akan dibongkar lagi sekitar tiga kilometer.

“Kami harap masyarakat memahami, bahwa sebagian beton ini hanya sementara. Perkerasan sebagian jalur khusus untuk menyambut Lebaran saja. Setelah itu dibongkar lagi,” ujar dia. Beton yang akan dibongkar lagi sekitar tiga kilometer dari total panjang 17 kilometer.

Salah satu konstruksi beton dasar yang akan dibongkar yakni di sebelah timur Jembatan Sungai Bengawan Solo. Beton tersebut tidak menggunakan fondasi bebatuan.

“Cirinya beton tipis yang tak ada dasar bebatuannya. Total sekitar tiga kilometer,” kata dia.

Pantauan Solopos.com, Jumat, jalur yang belum dicor beton juga terdapat di Desa Jeruksawit, Gondangrejo, Karanganyar. Tapi titik yang belum dicor hanya sekitar tiga meter di masing-masing ujung beton baru. Selain itu tepi jalur tol beton baru tersebut belum dicor. Beton baru di lokasi itu terlihat belum kering. Di sisi lain, sejumlah pekerja membersihkan rumput yang tinggi menjulang di kanan dan kiri jalan. Rumput liar yang tumbuh di antara dua jalur pun dibabat. Pembersihan rumput untuk menyambut pemudik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya