SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Harianjogja.com, BANTUL- Kepolisian Resor Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyiagakan dokter kesehatan di Pos Pengamanan yang didirikan di perempatan Druwo untuk melayani kesehatan para pemudik Lebaran 2014.

“Ada satu dari enam pos pengamanan yang dilengkapi dengan petugas dan dokter, yakni di Druwo, jadi di samping pos pengamanan di sana juga pelayanan kesehatan,” kata Perwira Urusan (Paur) Dokter Kesehatan (Dokkes) Polres Bantul Iptu Gunarto, Rabu (23/7/2014).

Promosi Banjir Kiper Asing Liga 1 Menjepit Potensi Lokal

Pihaknya bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul dalam pelayanan kesehatan para pemudik di Pospam Ring Road (jalan lingkar) selatan tersebut, termasuk kemungkinan persediaan obat-obatan sesuai kebutuhan.

Ekspedisi Mudik 2024

Dalam pelayanan kesehatan itu, kata dia, dokter akan memeriksa tekanan darah pengemudi yang menyempatkan untuk berhenti dan berisitirahat di Pospam Druwo secara gratis, adapun setiap hari disiagakan tiga petugas kesehatan.

“Sementara akan kami tensi dulu, jika memang kondisi tekanan darah rendah karena faktor kelelahan kami rekomendasikan kepada pengemudi agar beristirahat dulu sebelum melanjutkan perjalanan,” katanya.

Ia menjelaskan tekanan darah yang rendah karena faktor kelelahan bisa mengakibatkan penurunan konsentrasi pengemudi saat menjalankan kendaraan, ditambah dengan kondisi arus lalu lintas kendaraan mudik yang padat, maka imbasnya terjadi kecelakaan.

Ia mengatakan enam pospam yang didirikan Polres Bantul mulai H-7 hingga H+7 Lebaran dalam rangka pengamanan arus mudik dan balik Lebaran 2014 adalah dua pos di Jalur Sedayu, Pos Druwo, Pos Ketandan, Pos Srandakan, dan Pos Piyungan.

Selain itu, kata dia, Polres Bantul juga mendirikan Pos Pariwisata di kawasan pintu masuk objek wisata Pantai Parangtritis untuk memberikan kenyamanan dan pengamanan kepada wisatawan, mengingat saat libur Lebaran kawasan wisata itu ramai kunjungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya