SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Dok)

Harianjogja.com, JOGJA-Untuk mengatasi kemacetan saat Lebaran, kepolisian menyiapkan tim pengurai kemacetan, bahkan Direktur Lantas Polda DIY Kombes Pol Nasri Wiharto mengumbar nomor ponsel pribadinya. Tujuannya, agar aduan masyarakat atau pemudik yang melintas cepat direspon.

“Nomor ponsel saya 08122279090,” ujarnya saat rapat koordinasi persiapan Lebaran dengan anggota DPRD DIY, Rabu (23/7/2014) petang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ia mengungkapkan, tim pengurai tersebut tugasnya menyisir seluruh jalan di DIY. Dalam bertugas tim pengurai itu menggunakan 130 sepeda motor bantuan dari Markas Besar (Mabes) Polri. Ketika petugas mendapati kemacetan, mereka langsung turun ke jalan melakukan rekayasa lalu lintas.

Ekspedisi Mudik 2024

Karenanya, ketika masyarakat atau pemudik mengetahui tidak ada petugas polisi saat terjebak macet, Nasri mempersilakan langsung menghubungi ponsel pribadinya itu. Dengan begitu, ia mengaku dapat cepat melakukan koordinasi dengan anak buahnya yang berada di lapangan.

Di sisi lain, menurut dia, meski sudah banyak petugas yang diterjunkan, bisa saja telinga polisi terbatas. Justru laporan masyarakat itu dapat membantu petugas polisi.

Dalam menerjunkan personel itu, Kapolda DIY baru Brigjen Pol Oerip Subagyo mengeluarkan kebijakan agar kerja polisi tidak terkotak-kotak dalam satuannya.

Baik itu kasus kriminal ataupun lalu lintas, anggota dari satuan apapun itu yang lebih dulu mengetahui suatu kejadian wajib langsung melakukan tindakan taktis.

Selain tim pengurai, Nasri melanjutkan, rekayasa lalu lintas di titik-titik objek wisata telah disiapkan. Misalnya di Gunungkidul, kepolisian setempat tidak membiarkan kendaraan yang keluar dari objek wisata pantai melalui jalan yang sama ketika masuk. Namun, mereka yang keluar akan diputarkan terlebih dahulu menyusuri jalan pantai di sepanjang Baron, baru ke luar ke jalan besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya