SOLOPOS.COM - Stasiun Tugu (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Harianjogja.com, JOGJA- Sebanyak 200 personel Brimob Polda DIY diterjunkan untuk membantu pengamanan perjalanan kereta api di Daerah Operasi (Daop) VI Jogja selama masa Angkutan Lebaran 2014.

“Ada 200 personel yang diperbantukan di PT KAI [Kereta Api Indonesia] Daop VI Jogja, salah satunya membantu tugas polisi khusus kereta api sampai Lebaran usai,” kata Kapolda DIY Brigjen (pol) Oerip Soebagyo di sela pengecekan kondisi jalur kereta api di Daop VI Jogja, Rabu (23/7/2014).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menurut dia, kepolisian tidak hanya menerjunkan personel Brimob untuk membantu pengamanan pelaksanaan Angkutan Lebaran 2014, tetapi juga mendirikan posko keamanan di kompleks Stasiun Tugu Jogja.

Ia juga mengingatkan agar penjagaan di pintu perlintasan kereta api khususnya perlintasan sebidang dapat ditingkatkan karena ada penambahan volume arus lalu lintas selama masa Angkutan Lebaran.

Berdasarkan data dari PT KAI Daerah Operasi VI Jogja, masih banyak pintu perlintasan kereta yang tidak dijaga, bahkan jumlahnya terus bertambah seiring dengan pertumbuhan perumahan.

Pintu perlintasan kereta api di Daerah Operasi VI Jogja tercatat berjumlah 504 titik yang terdiri dari 380 titik di wilayah Jawa Tengah dan 124 titik di DIY.

Jumlah pintu yang sudah dijaga di wilayah DIY tercatat 39 titik, sedangkan jumlah yang tidak dijaga tercatat sebanyak 62 titik. Selain itu terdapat perlintasan “underpass” di 19 titik dan empat perlintasan liar.

“Petugas dari kereta api juga harus menjalankan tugasnya dengan selalu mengecek kondisi jalur kereta api. Sejauh ini, belum ada laporan mengenai kendala apapun,” katanya.

Pengecekan kondisi jalur kereta api di Daerah Operasi VI Jogja dimulai dari Stasiun Tugu Jogja menuju Stasiun Sentolo Kulonprogo yang dilakukan oleh kepolisian, TNI dan PT KAI Daop VI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya