SOLOPOS.COM - Ilustrasi puasa Ramadhan (boston.com)

Solopos.com, SOLO – Puasa di bulan suci Ramadan menjadi sebuah cara untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah swt. Tak hanya itu, puasa dinilai oleh sebagaian peneliti memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Dilansir NBC News, Jumat (25/7/2014), berikut beberapa manfaat yang dapat Anda peroleh dari menjalankan ibadah puasa:

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menjaga Kesehatan Jantung dan Mencegah Diabetes
Sebuah studi tahun 2008 yang dilakukan di Utah, Amerika Serikat menemukan bahwa orang yang berpuasa secara teratur dapat menurunkan risiko tertular penyakit jantung koroner. Pada tahun 2014, penelitian menemukan, puasa dapat menurunkan kadar kolesterol yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung hingga 58%. Penelitian tersebut juga menunjukkan penurunan kadar gula darah oleh orang-orang yang berpuasa.

Detoksifikasi
Para penganut makanan alternatif dan obat-obatan sering melakukan puasa. Mereka percaya bahwa puasa yang dilakukan dapat berfungsi sebagai detoksifikasi dan mengeluarkan berbagai racun dalam tubuh.

Menjaga Kesehatan Mental
Selama Ramadan keluarga sering duduk untuk berbuka puasa bersama-sama setiap menjelang malam. Mereka juga sering mengunjungi rumah kerabat dan teman-teman untuk berbuka puasa bersama. Aspek komunal puasa tersebut telah terbukti berdampak baik kepada kesehatan mental.

Menghilangkan Kecanduan
Puasa dapat memberikan waktu tubuh untuk berhenti sejenak dari segala rutininas yang dapat membantu menghilangkan kecanduan makanan. Razia Ahmed, seorang mahasiswa di New York, Amerika Serikat mengatakan puasa Ramadan dapat membantunya menghilangkan kecanduan cokelat yang menjadi makanan kegemarannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya