SOLOPOS.COM - Ilustrasi Mudik Gratis (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SRAGEN — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen menyediakan fasilitas dua unit bus untuk mudik gratis bagi para warga Sragen yang berada di perantauan Ibu Kota Jakarta. Hingga Selasa (28/3/2023), kursi mudik gratis untuk dua bus itu ternyata sudah penuh.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sragen, Catur Sarjanto, saat dihubungi Solopos.com, Selasa, menyampaikan kuota kursi untuk mudik gratis dengan armada dua bus itu ternyata sudah penuh.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Data yang diterima Catur menyebut bus pertama berisi 12 keluarga atau 48 penumpang plus dua orang pendamping dan bus kedua berisi 13 keluarga atau 50 penumpang.

“Mudik gratis tahun ini dari Pemkab Sragen menyediakan dua bus. Kapasitas per bus ada 50 orang penumpang. Untuk teknis pemberangkatannya diserahkan kepada Badan Perhubungan Jawa Tengah yang ada di Jakarta,” ujar Catur.

Dia menerangkan di Jakarta sudah ada panitia yang mengurusi. Informasi mudik gratis ke Sragen itu, kata dia, sudah diumumkan melalui berbagai media.

“Pendaftarannya dari warga sana yang kelahiran Sragen langsung mendaftar ke panitia. Kemudian diatur pembagian bus dan waktu pemberangkatannya,” katanya.

Dia menerangkan saat pemberangkatan biasanya dilepas oleh pejabat di Jakarta dan Jateng dan perwakilan dari Sragen biasanya diundang. Dia mengungkapkan biasanya yang memberangkatkan Menteri Perhubungan (Menhub), Gubernur Jateng, dan Gubernur DKI Jakarta.

“Biasanya menjelang cuti atau libur Lebaran. Untuk pendaftarnya ternyata sudah penuh yang ke Sragen,” ujarnya.

Bagi pemudik yang tidak kebagian kuota dalam bus yang disediakan, kata dia, koordinator lapangan mengarahkan mereka mendaftar melalui link secara online.

Dia menerangkan informasi tentang kuota penuh itu didapat dari koordintor lapangan yang mengurusi pendaftaran lewat pengisian formulir. Dalam pengisian formulir itu sekaligus dilakukan survei untuk permintaan arus balik yang akan dilaksanakan pada 29 April 2023 mendatang.

Perantau yang tergabung dalam Kumpulan Wong Sragen (KWS) di Jakarta, Punanto, menyampaikan warga Sragen yang merantau di Jakarta akan mudik.

Dia mengatakan sebagian sudah mendapatkan fasilitas mudik gratis yang disediakan Pemkab Sragen. Meskipun kuota penuh untuk dua bus dari Sragen, dia optimistis perantau lainnya akan tetap kebagian mudik gratis lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya