Info Lur! 2.241 Loker Tersedia di Virtual Job Fair 2022 Wonogiri

Sebanyak 2.241 lowongan kerja dari 25 perusahaan tersedia pada Wonogiri Virtual Job Fair 2022.

 Ilustrasi lowongan kerja. (JIBI/Solopos/Dok.)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi lowongan kerja. (JIBI/Solopos/Dok.)

Solopos.com, WONOGIRI — Sebanyak 2.241 lowongan kerja (loker) dari 25 perusahaan tersedia pada Wonogiri Virtual Job Fair 2022. Kegiatan yang dilaksanakan secara daring itu berlangsung mulai 17-20 Mei 2022.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Wonogiri, Ristanti, mengatakan saat ini kondisi ketenagakerjaan di Wonogiri untuk penduduk usia kerja sebesar 789.993 jiwa. Sedangkan angkatan kerja berjumlah 573.025 orang. Sementara, penganggur terbuka berjumlah 13.932 orang atau 2,43 persen.

PromosiUMi Youthpreneur 2022 Bentuk Dukungan PIP Terhadap Wirausahawan Muda

“Hal itu yang menjadi dasar pertimbangan kami untuk menyelenggarakan job fair. Namun penyelenggaraan job fair dilaksakanan secara virtual. Sebab kondisi saat ini masih pandemi Covid-19,” kata Ristanti saat ditemui wartawan di sela-sela acara job fair di kantornya, Selasa (17/5/2022).

Ristanti mengaku lowongan kerja pada job fair kali ini lebih sedikit dibanding job fair tahun sebelumnya. Hal itu dikarenakan banyak perusahaan yang tidak banyak membuka lowongan kerja baru akibat terdampak pandemi Covid-19.

Pada job fair sebelumnya lowongan kerja yang tersedia bisa mencapai 15.000-20.000. Meski demikian, Disnaker tetap mendorong pencari kerja terutama lulusan SMK untuk memanfaatkan job fair.

Baca Juga: Disnaker Wonogiri Gelar Job Fair Virtual, Ada 16.000 Lowongan Kerja!

Setiap tahun jumlah lulusan SMK di Wonogiri berkisar 7.000 anak. Sementara lulusan SMA sekitar 5000 anak. Hanya, biasanya separuh lulusan SMA melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi.

“Per hari ini peserta job fair berjumlah 441 orang. Pencari kerja lain masih bisa mendaftar job fair sampai 20 Mei mendatang. Lulusan ini harus segera kami tangkap dan dorong untuk masuk ke dunia kerja. Kalau tidak begitu, mereka akan masuk dalam data penganggur,” jelas dia saat dihubungi kembali Solopos.com, Rabu (18/5/2022)

Menurut Ristanti, para pencari kerja masih kesulitan masuk ke dunia kerja. Mereka masih gagap dan banyak yang belum mengerti sistem perekrutan secara daring. Literasi digital para pencari kerja masih dapat dibilang masih rendah. Sebab, mereka masih sering kebingunan mengikuti proses perekrutan virtual.

“Ini menjadi tantangan bagi kami soal bagaimana mereka memahami Wonogiri Virtual Job Fair. Pemahaman para pencari kerja tentang IT masih minim. Literasi digitalnya masih rendah. Oleh karena itu, bagi para pencari kerja apapun jurusannya kami tekankan harus belajar tentang pemahaman digital,” ucapnya.

Baca Juga: Pandemi Covid-19, 2 Perusahaan di Wonogiri Ini Malah Buka Lowongan Kerja

Disnaker menyelenggarkan job fair dua kali dalam setahun. Para pencari kerja dapat mendaftarkan diri pada laman jobfair.kemenaker.go.id. Pada laman itu, pencari kerja dapat melihat perusahaan, lowongan kerja, dan jabatan yang tersedia. Kemudian mereka bisa langsung melamar di perusahaan yang dituju melalui link tersebut.

Perusahaan akan memproses dan mengoreksi data yang masuk. Apabila sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan perusahaan, peserta akan melanjutkan ke proses selanjutnya, yaitu perekrutan. Mengingat masih dalam masa pandemi, biasanya proses perekrutan dilaksanakan secara virtual.

Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, menuturkan penanganan pengangguran menjadi salah satu prioritas Pemerintah Wonogiri. Meski angka pengangguran terbuka di Wonogiri paling rendah se-Jawa Tengah, yaitu sebesar 2,43 persen atau sebanyak 13.932 orang, lulusan SMK sederajat yang tidak melanjutkan ke perguruan tinggi di Wonogiri masih sekitar 10.000 setiap tahunnya. Sehingga perlu diantar ke dunia kerja.

“Saat ini tantangan pemerintah, yaitu menyiapkan tenaga kerja yang bisa beradaptasi di era revolusi 4,0. Kami harus memastikan para pencari kerja siap disalurkan dan mengisi industri yang berbasis digital, indusri 4,0. Sayangnya, tenaga kerja kami belum dapat menjawab peluang tersebut,” kata bupati yang kerap disapa Jekek dalam sambutannya.

Baca Juga: Loker Solo, Karanganyar, Karangpandan, Wonogiri, Sragen, Yogyakarta dan Ngawi Di PT Cahaya Sakti Chandra Motor

Menurutnya, masih ada jarak antara kualifikasi standar kebutuhan tenaga kerja industri dengan kualifiksi standar yang dihasilkan oleh lembaga penyiap calon tenaga kerja, yaitu SMK.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Dua Ahli Pernah Menjelaskan Ihwal Ganja Medis di Mahkamah Konstitusi

+ PLUS Dua Ahli Pernah Menjelaskan Ihwal Ganja Medis di Mahkamah Konstitusi

Dua orang ahli dari Korea Selatan dan Thailand pernah didatangkan ke Mahkamah Konstitusi untuk memberikan penjelasan tentang penggunaan ganja untuk kepentingan medis di dua negara itu.

Berita Terkini

Konser Di Solo, Dream Theater Dan Kru Bakal Naik Bus Dari Jakarta

Tiket konser Dream Theater yang akan digelar 10 Agustus mendatang di Area Parkir A dan B Stadion Manahan Solo dijual secara online mulai Jumat (1/7/2022).

Fix! Hewan Kurban di Sragen Harus Punya SKKH atau...

Bupati Sragen mewajibkan semua hewan kurban harus memiliki surat keterangan kesehatan hewan atau SKKH. Tim gabungan akan memantau hewan kurban ke masjid-masjid.

Resmi Dibuka, Drive Thru ETP Grab OVO Di Galabo Solo Layani 3 Transaksi

Grab OVO resmi meluncurkan layanan drive thru yang mencakup tiga jenis transaksi pembayaran di pusat kuliner Galabo, Solo, Kamis (30/6/2022).

Wow! Perputaran Uang di Pasar Legen Jatinom Capai Miliaran Rupiah

Pasar Legen, pasar tiban yang hanya buka saban pasaran Legi di Lapangan Bonyokan, Kecamatan Jatinom ini telah dikenal masyarakat luas dari berbagai daerah.

Ada Temuan Bakteri, Korban Perkosaan Sukodono Kembali Diperiksa Polisi

Anak asal Sukodono, Sragen, yang diduga diperkosa tetangganya, kembali diperiksa polisi terkait temuan adanya bakteri pada kelamin korban dari hasil pemeriksaan RS.

Awas! Ini OPD Pemkot Solo Yang Rawan Pungli Menurut Anggota DPRD

Ketua Komisi I DPRD Solo Suharsono mengatakan kasus pungli oleh pegawai kontrak di Terminal Tirtonadi harus menjadi peringatan untuk Gibran dan jajaran Pemkot Solo.

Yuk, Nostalgia ke Pameran Foto Pesona Solo Tempoe Doeloe Monumen Pers

Pameran foto Pesona Solo Tempoe Doeloe, resmi dibuka di Monumen Pers Nasional, Solo, Kamis (30/6/2022).

162 Calhaj Wonogiri Mulai Menuju Embarkasi Donohudan Boyolali

Sebanyak 162 calon jemaah haji (calhaj) asal Kabupaten Wonogiri mulai menuju Embarkasi Haji Donohudan, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali, Kamis (30/6/2022) sore.

Viral Video Mobil Hilang Kendali Meluncur ke Jurang, di Sini Lokasinya

Mobil yang sempat terjun ke jurang tersebut sudah diangkut pada Rabu malam sekitar pukul 20.00 WIB.

Terdengar 2 Ledakan, Dapur MTs Negeri Sumberlawang Hangus Terbakar

Dapur MTs Negeri 3 Sragen di Sumberlawang hangus terbakar pada Kamis (30/6/2022) sore. Kebakaran dicuga akibat elpiji bocor yang menimbulkan dua kali ledakan.

Suka Duka Pemungut Sampah Desa di Karanganyar, Segini Honornya

Parno, petugas pemungut sampah asal Tasikmadu, Karanganyar bekerja tanpa ada asuransi kesehatan dan honor pas-pasan.

Pertamina: Banyak Yang Salah Kaprah Soal MyPertamina Untuk BBM Subsidi

PT Pertamina Patra Niaga menjelaskan banyak masyarakat yang salah kaprah mengenai pendaftaran pengguna BBM subsidi melalui MyPertamina. Begini penjelasannya.

Di Klaten Masih Ditemukan Daerah Blank Spot Zonasi PPDB SMP, Di Mana?

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP ditutup, Kamis (30/6/2022) siang. Sekolah masih melakukan proses verifikasi data sebelum hasil PPDB diumumkan, Rabu (6/7/2022).

Konsep CFS Wonogiri Berubah, Tempat Jualan dan Olahraga bakal Dipisah

Paguyuban pedagang dan Karang Taruna Giripurwo sepakat berkolaborasi menjadi pengelola car free sunday (CFS) Wonogiri. Nantinya, konsep CFS Wonogiri berubah.

Sempat Beda Pendapat, Pedagang-Pemuda Sepakat Kelola CFS Wonogiri

Paguyuban pedagang dan Karang Taruna Giripurwo sepakat berkolaborasi menjadi pengelola car free sunday (CFS) Wonogiri.

UNS Serahkan 11 Sistem Peringatan Dini Longsor ke BPBD Karanganyar

Fakultas MIPA UNS Solo menyerahkan aset early warning system (EWS) bencana longsor yang sudah terpasang di sejumlah lokasi kepada Pemkab Karanganyar.