SOLOPOS.COM - Ilustrasi (smartcanucks.ca)

Info kesehatan ini terkait penggunaan guling saat tidur yang ternyata memberikan manfaat bagi manusia.

Solopos.com, TOKYO — Pada sebagian orang, tidur akan terasa hampa jika tidur tanpa memeluk guling. Bahkan kadangkala orang tersebut tak bisa tidur lantaran tak ada guling yang mendampinginya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tak sekadar hobi, tidur sambil memeluk guling ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan. Selain itu, guling juga dapat membantu kita tidur dengan nyenyak.

Berikut ini beberapa manfaat tidur menggunakan guling seperti dikutip dari en.rocketnews24.com, Jumat (31/7/2015):

1. Mengurangi Rasa Sakit Pada Pinggang

Tidur telentang dapat menempatkan punggung dan perut seseorang saling menekan. Itu akan membuat punggung mendapat tekanan yang berlebihan yang akan berakibat sakit di pinggang saat seseorang bangun tidur.

Untuk mengurangi risiko sakit pinggang, perlu adanya adaptasi dengan posisi tidur yang berbeda. Dengan posisi badan miring sambil memeluk guling, seseorang secara tidak sadar telah mendistribusikan berat badannya ke sepanjang sendi dan membuat pundak serta lutut anda menjadi lebih nyaman.

Jika posisi miring tersebut tidak membuat nyaman, Anda dapat menggunakan cara yang lain. Misalnya dengan meletakkan guling di bawah lekukan lutut. Hal itu unutuk mengurangi sedikit tekanan ke pinggang.

2. Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Insomnia adalah masalah yang dapat disebabkan oleh sejumlah faktor, seperti stres dan kesepian. Ketika berbaring di tempat tidur dan bersinggungan dengan benda, seperti bantal dan guling, dapat membuat waktu tidur seseorang menjadi lebih berkualitas.

Penelitian membuktikan seseorang yang tidur dengan bantal dan guling mereka akan merasa lebih nyaman. Hal ini disebabkan berkurangnya hormon yang dapat memicu stres, cortisol.

3. Mencegah Seseorang Mendengkur

Setelah melihat bagaimana manfaat guling untuk mental dan fisik seseorang, manfaat guling kali ini akan membantu orang yang memiliki masalah dengan mendengkur. Dengan memeluk guling saat tidur, posisi lidah seseorang tidak menutupi saluran udara. Artinya, tidur dengan memluk guling dengan posisi menyamping, membantu mencegah seseorang mendengkur. (Bimo Putra W./JIBI/Solopos.com)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya