SOLOPOS.COM - Ilustrasi kesehatan reproduksi wanita (JIBI/Solopos/Dok.)

Info hidup sehat kali ini mengenai kebersihan area intim.

Solopos.com, SOLO – Banyak orang ingin memiliki tubuh yang bersih dan sehat. Banyak orang menggunakan sabun untuk menjaga kebersihan tubuhnya, termasuk membersihkan organ vital mereka. Sebenarnya membersihkan organ vital menggunakan sabun ini tidak baik bagi kesehatan. Mengapa?

Promosi Kisah Agen Mitra UMi di Karawang: Penghasilan Bertambah dan Bantu Ekonomi Warga

Daerah intim yang lembab itu rentan menimbulkan jamur penyebab rasa gatal. Untuk mengatasinya, kebanyakan orang biasanya akan menaburkan bedak bahkan mencucinya dengan sabun untuk menghilangkan rasa gatal tersebut.

Padahal penggunaan sabun dan bedak pada area intim tidak selamanya bermanfaat. Terlalu sering menggunakan dua benda tersebut justru akan menimbulkan berbagai masalah lain.

Seperti dilansir laman Boldsky, Kamis (21/5/2015), para ahli kesehatan melarang penggunaan sabun pada area intim. Sabun akan membuat kulit menjadi lebih kering. Seseorang yang menggunakan sabun untuk membersihkan area intimnya akan merusak produksi minyak di area tersebut.

Penggunaan sabun pada area intim ini akan merusak sebum atau kelenjar minyak yang dihasilkan tubuh untuk mengatur kelembapanya. Kerusakan kelenjar minyak ini juga akan mengakibatkan infeksi.

Penggunaan bedak untuk mengatasi rasa gatal pada area intim juga tidak dianjurkan. Penggunaan bedak ini terkadang justru memicu timbulnya jamur. Bedak memiliki partikel halus yang dapat mengendap di sekitar organ intim. Endapan ini nantinya akan menyebabkan timbulnya jamur pada area tersebut apabila tidak dibersihkan dengan benar.

Mulai sekarang jangan khawatir. Area intim Anda akan tetap bersih dan terhindar dari jamur tanpa harus menggunakan sabun maupun menaburkan bedak. Cara terbaik untuk membersihkan area intim adalah menggunakan air hangat.

Anda bisa menambahkan satu sendok teh garam ke dalam satu gayung air hangat untuk membersihkan area intim. Garam memiliki sifat anti bakteri yang dapat mencegah timbulnya jamur pada area intim. (Chelin Indra/JIBI/Solopos.com)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya