SOLOPOS.COM - Jus buah (unifiedlifestyle.com)

Info hidup sehat selama Ramadan penting disimak. Inilah cara membuat es buah segar menyehatkan badan.

Solopos.com, SOLO – Berbuka puasa dengan es buah yang dingin dan manis memang menyegarkan. Kendati demikian, terlalu banyak mengonsumsi makanan serta minuman yang manis juga tidak baik bagi tubuh.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Es buah biasanya dibuat dari macam-macam buah-buahan yang dipadukan dengan sirup yang manis. Campuran buah-buhan serta sirup itu menghasilkan rasa manis dan legit. Kendati demikian, saat puasa kebanyakan orang akan kalap dan mengonsumsi es buah tersebut dalam porsi yang berlebih. Hal itu nantinya akan menaikkan kadar gula darah secara drastis yang mengganggu kesehatan.

Oleh sebab itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membuat es buah agar tetap enak tapi juga sehat.  Nah, bagaimana tips membuat es buah yang segar nan sehat?

Dikutip Solopos.com dari laman Healthmeup, Rabu (17/6/2015), berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat es buah agar tetap sehat.

Batasi Jumlah Gula

Es buah terbuat dari beberapa jenis buah-buahan manis yang dipadukan dengan sirup. Beberapa orang bahkan masih menambahkan gula pasir ke dalam segelas es buah agar rasanya lebih menggigit. Padahal sirup telah memiliki kadar pemanis buatan yang tinggi.

Mengonsumsi gula dalam jumlah yang berlebih justru akan menaikkan bobot tubuh. Nah, untuk mencegah hal itu terjadi, maka batasilah jumlah gula yang dicampurkan dalam es buah. Jika Anda sudah mencampurkan sirup dalam jumlah yang banyak, maka jangan tambahkan gula pasir lagi ke dalam es buah.

Gunakan Soda Tawar

Anda bisa menambahkan soda untuk memberikan sensasi rasa yang berbeda dalam segelas es buah. Kendati demikian, perhatikan juga soda yang Anda gunakan. Pastikan Anda memilih soda yang tawar. Bukan jenis minuman bersoda yang memiliki rasa manis alias soft drink. Sebab, soft drink mengandung pemanis yang sangat tinggi.

Hindari Bahan Makanan Berlemak

Kebanyakan orang juga menambahkan susu kental manis maupun krim ke dalam segelas es buah. Susu kental manis serta krim merupakan salah satu jenis bahan yang memiliki kadar lemak cukup tinggi. Menambahkan kedua bahan tersebut dalam segelas es buah justru akan memicu kenaikan berat badan. Oleh sebab itu, sebaiknya hindarilah penambahan susu dan krim dalam segelas es buah.

Gunakan Jus Buah Segar

Tak perlu memakai sirup. Anda bisa saja menambahkan jus buah segar untuk membuat es buah. Misalnya, tambahkan saja air perasan jeruk lemon ke dalam segelas es buah. Jus yang berasal dari buah alami justru bermanfaat bagi tubuh. Sebab, jus buah segar tidak mengandung bahan pengawet serta pemanis buatan. Akan tetapi, perhatikan pula jumlah gula yang Anda tambahkan ke dalam es buah. Jangan sampai Anda memakai gula dalam takaran yang berlebih.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum menyajikan es buah saat berbuka puasa bagi keluarga di rumah. Selamat berpuasa… (Chelin Indra/JIBI/Solopos.com)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya