SOLOPOS.COM - Ilustrasi (heal

Info hidup sehat kali ini mengulas delapan larangan saat menstruasi.

Solopos.com, SOLO — Ada delapan hal yang sebaiknya dihindari wanita ketika sedang menstruasi. Apabila dilakukan, delapan hal itu akan menimbulkan gangguan kesehatan organ reproduksi wanita tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sebagaimana Solopos.com kutip dari Healthadvisorgroup, Senin (15/2/2016), delapan pantangan saat menstruasi itu adalah berhubungan intim, tidak makan, bekerja terus menerus, melakukan pekerjaan berat, mengonsumsi makanan cepat saji, begadang, konsumsi minuman dingin dan bersoda serta makan mentimun.

Ekspedisi Mudik 2024

Berhubungan Intim
Saat sedang menstruasi, sebaiknya wanita tidak melakukan hubungan badan. Pasalnya, hubungan intim ketika si wanita menstruasi akan menyebabkan infeksi pada organ reproduksinya.

Melewatkan Jam Makan
Jangan melewatkan jam makan Anda ketika sedang menstruasi. Anda harus ingat, ketika menstruasi, ada banyak darah kotor yang keluar dari tubuh. Sebagai penggantinya, Anda harus benar-benar memerhatikan pola makan. Jangan sampai kekurangan makan sehingga tubuh menjadi lemas. Jika Anda melewatkan jam makan, lambat laun Anda bisa anemia ketika menstruasi.

Pekerjaan Fisik
Ketika sedang menstruasi, hindari melakukan perkerjaan fisik yang terlalu berat. Hal ini bisa memicu sakit pada perut Anda.

Makanan Cepat Saji
Baik dalam keadaan menstruasi atau tidak, sebaiknya Anda tidak mengonsumsi makanan cepat saji (fast food). Zat dalam makanan cepat saji bisa memancing nyeri perut.

Bekerja Terus
Bagi Anda yang bekerj adi kantoran, tampaknya meminta libur ketika sedang menstruasi adalah sesuatu yang sulit. Bila memang lingkungan pekerjaan tidak kondusif untuk Anda mengambil libur ketika menstruasi, setidaknya jangan terus menerus bekerja. Anda harus meluangkan waktu istirahat lebih banyak ketimbang waktu biasanya.

Begadang
Kesehatan wanita akan terjaga baik ketika tidak begadang saat sedang menstruasi. Ingat, tubuh Anda perlu istirahat. Tidur lebih cepat bisa memulihkan tenaga dan baik untuk kesehatan tubuh.

Minuman Dingin dan Bersoda
Jangan makan atau minum sesuatu yang bersifat dingin, seperti es ketika sedang menstruasi. Sebaiknya Anda juga tidak mengonsumsi minuman bersoda. Hal ini bisa menyebabkan darah kotor justru membeku di dinding rahim dan lambat laun bisa menjadi kista atau kanker.

Makan Mentimun
Mentimun bisa menyebabkan sebagian cairan yang harusnya keluar ketika menstruasi, justru menempel di dinding uterus. Maka dari itu, sebaiknya jangan makan mentimun ketika sedang “bulanan”.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya