SOLOPOS.COM - Jus jeruk (Dok)

Info hidup sehat mengenai manfaat jus buah.

Solopos.com, SOLO – Jus jeruk merupakan minuman sehat nan menyegarkan yang digemari banyak orang. Jus jeruk yang lezat ternyata baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam jus jeruk mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Meminum dua gelas jus jeruk setiap hari ternyata mampu mengurangi risiko pikun. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh sejumlah peneliti dari ReadingUniversity, Inggris mengungkap kandungan flavonoid yang ada pada jus jeruk mampu memperkuat daya ingat seseorang. Hasil penelitian ini dilansir laman Dailymail, Sabtu (16/5/2015).

Ekspedisi Mudik 2024

Penelitian ini dilakukan pada 37 manusia lanjut usia (manula) yang  berusia 60-81 tahun. Mereka diminta untuk meminum dua gelas jus jeruk setiap hari selama dua bulan.

Setelah itu, para peneliti melakukan tes sederhana untuk menguji kebenaran teori mereka. Para manula diminta menghafalkan 15 kata selama 30 menit. Hasilnya, para manula itu mampu menghafal dan mengucapkan 15 kata tersebut dengan lancar.

Berdasarkan uji coba tersebut, peneliti menyimpulkan adanya perbaikan yang cukup baik pada fungsi otak para manula setelah mengonsumsi jus jeruk.

Para peneliti meyakini kandungan flavonoid yang terdapat pada jus jeruk berpengaruh pada hippocampus. Hippocampus adalah sebuah bagian otak yang berfungsi sebagai pusat penyimpanan memori.

Dalam American Journal of Clinical Nutrition, Daniel Lamport, salah seorang peneliti dari Reading University, Inggris, menuliskan bahwa mengonsumsi buah-buahan dan sayuran yang kaya flavonoid berpotensi meningkatkan kesehatan otak. (Chelin Indra/JIBI/Solopos.com)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya