SOLOPOS.COM - Pengunjung melewati dagangan buah kurma yang dipajang di Carrefour Solo Baru, Sukoharjo, Jumat (12/7/2013). Sejumlah pusat perbelanjaan menyediakan berbagai macam kurma impor, untuk persediaan selama Bulan Ramadhan.

Info hidup sehat mengenai manfaat kurma.

Solopos.com, SOLO – Kurma merupakan buah asli Timur Tengah. Kendati demikian, kurma pun mudah dijumpai di Indonesia, apalagi ketika bulan Ramadan tiba. Kebanyakan orang mengonsumsi kurma saat buka puasa. Nah, sebenarnya apakah manfaat dari mengonsumsi buah kurma?

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dilansir laman Boldsky, Selasa (16/6/2015), mengonsumsi buah kurma dapat mengembalikan semua nutrisi tubuh yang terkuras selama berpuasa. Sebab, buah kurma kaya akan zat besi, kalsium, magnesium, selenium, serat, kalium, sukrosa, glukosa, serta fruktosa yang diperlukan tubuh. Nah, berikut adalah beberapa manfaat dari mengonsumsi kurma.

Meningkatkan Energi

Ekspedisi Mudik 2024

Kurma mengandung karbohidrat yang akan dicerna secara perlahan oleh tubuh. Sehingga, mengonsumsi kurma saat buka puasa dapat meningkatkan energi dalam tubuh. Selain itu, mengonsumsi kurma juga dapat mengontrol rasa lapar seseorang, sehingga dapat mencegah ia makan berlebihan.

Mengurangi Tingkat Kolesterol

Mengonsumsi kurma dapat mengusir kolesterol jahat, sehingga mampu menjaga kesehatan tubuh. Sebab, kurma adalah salah satu makanan yang dapat membantu proses detoksifikasi alias penetralan racun di dalam tubuh.

Mengatasi Sembelit

Kurma kaya akan serat yang mampu mengatasi sembelit. Buah asli Timur Tengah itupun membantu merangsang sekresi enzim pencernaan di perut. Bukan hanya itu, mengonsumsi kurma pun mampu meningkatkan gerakan peristaltik di usus yang penting mendorong kotoran ke arah anus.

Mencegah Penuaan Dini

Kurma pun mengandung antioksidan yang berfungsi menangkal radikal bebas serta racun di dalam tubuh. Antioksidan tersebut berperan membantu menawarkan sel-sel kanker serta mencegah penuaan dini.

Menstabilkan Tekanan Darah

Kurma kaya akan zat besi, kalium serta magnesium. Zat besi dalam kurma berperan dalam pembentukan hemoglobin dalam darah. Sedangkan kandungan kalium serta magnesium dalam kurma mampu menstabilkan tekanan darah. Mengonsumsi kurma secara teratur juga dapat mencegah penyumbatan pembuluh darah sehingga membantu melancarkan aliran darah, serta mencegah serangan jantung.

Menjaga Kekuatan Tulang

Kurma kaya akan mineral, seperti tembaga, selenium, magnesium, serta kalsium. Semua mineral tersebut diperlukan untuk menjaga kekuatan tulang. Dengan mengonsumsi kurma setiap hari, maka seseorang dapat meminimalkan risiko osteoporosis atau pengeroposan tulang. (Chelin Indra/JIBI/Solopos.com)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya