SOLOPOS.COM - Ilustrasi penderita batu ginjal (paulcristomd.com)

Info hidup sehat mengenai penyebab batu ginjal.

Solopos.com, NEW YORK – Penyakit batu ginjal dapat menyerang siapa saja. Biasanya, penderita mengalami saking di pinggang.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dikutip Solopos.com dari Foxnews.com, Senin (27/7/2015), untuk mengurangi resiko terkena penyakit itu, simak 5 hal penyebab batu ginjal berikut.

Makan Daging

Menjaga asupan zat besi dan protein merupakan hal penting bagi manusia. Untuk mendapatkan kedua zat tersebut, manusia cenderung memilih mengonsumsi daging sapi atau daging ayam.

Namun, menurut jurnal yang dikeluarkan Nutritional Epidemiology pada 2014 lalu menungkapkan konsumsi daging sapi atau ayam terlalu banyak bisa meningkatkan resiko terkena batu ginjal.

Jurnal itu juga menyebutkan para vegetarian dan orang yang rutin mengonsumsi ikan laut berpotensi lebih kecil terkena batu ginjal 30-50 persen.

Minum Es Teh

Masyarakat Indonesia masih banyak yang mengidolakan es teh sebagai minuman favorit mereka. Kesegaran yang ditawarkan es teh memang sangat sulit ditolak orang-orang yang tinggal di iklim tropis seperti Indonesia.

Bagi penggemar berat es teh, Anda perlu berhati-hati untuk minum es teh dalam jumlah tak wajar. Pasalnya, menurut Journal of Medicine di New England, mengonsumsi es teh memperbesar kemungkinan terkena batu ginjal.

Es teh mengandung Oxalate, zat yang menyebabkan terbentuknya batu di ginjal Anda. Jurnal itu menyarankan membatasi konsumsi es teh hanya satu gelas per hari.

Kekurangan Kalsium

Banyak mitos menyebutkan kalsium dapat memperbesar kemungkinan terkena batu ginjal. Rumor itu dapat Anda buang jauh-jauh karena menurut Dr. Mantu Gupta, orang-orang yang membatasi atau tidak mengonsumsi kalsium beresiko lebih besar terkena batu ginjal.

Kalsium berguna mengikat Oxalate agar tidak menjadi batu ginjal. “Hal yang paling penting ialah keseimbangan[mengonsumsi kalsium],” terang pakar Urologi RS Saint Luke itu.

Kekurangan Buah

Buah-buah berasa asam seperti jeruk dan lemon sudah terkenal memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia. Menurut jurnal yang dirilis Nature kelompok buah tersebut juga dapat mencegah kemungkinan batu ginjal pada tubuh.

“Buah-buah itu menghasilkan zat Sitrat yang membantu menekan kemungkinan terbentuknya batu ginjal,” ujar Dr. Mantu Gapta.

Obesitas

Orang-orang yang bermasalah dengan berat badan harus segera mencari solusi. Obesitas menyebabkan banyak penyakit bagi manusia. Selain diabetes, kelebihan berat badan dapat menyebabkan batu ginjal.

“Obesitas mengubah sirkulasi di jaringan kandung kemih dan ginjal. Hal itu yang kami perkirakan penyebab batu ginjal bagi kaum obesitas,” kata Direktur Pusat Ginjal University of California San Diego, Dr.Roger L. Sur. (Guruh Putra Tama/JIBI/Solopos.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya