SOLOPOS.COM - Ilustrasi puasa (Dok)

Info hidup sehat kali ini mengenai tetap bugar meski berpuasa.

Solopos.com, SOLO – Berpuasa saat musim kemarau seperti ini merupakan ujian yang cukup berat bagi setiap orang. Saat musim kemarau, udara di siang hari cenderung lebih panas dari biasanya. Padahal, cuaca yang panas saat musim kemarau dapat menyebabkan berbagai macam keluhan kesehatan. Nah, bagaimana tips agar tubuh tetap bugar saat berpuasa di musim kemarau?

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dikutip Solopos.com dari laman Huffingtonpost, Rabu (17/6/20150, berikut adalah cara menjaga kebugaran tubuh saat berpuasa di musim kemarau.

Hindari Konsumsi Junk Food

Seseorang yang berpuasa akan berhenti makan dan minum dalam waktu yang cukup lama. Tubuhnya tidak akan mendapat asupan apapun selama ia berpuasa. Oleh sebab itu, seseorang yang sedang berpuasa membutuhkan energi ekstra untuk menunjang aktivitasnya sehari-hari.

Usahakan selalu mengonsumsi makanan bergizi, terlebih saat sahur. Makanan bergizi akan menjaga kebugaran tubuh selama Anda berpuasa. Kendati demikian, memasak saat sahur adalah tantangan yang cukup berat bagi seseorang.

Udara pagi yang dingin serta rasa kantuk yang menyelimuti tubuh membuat seseorang cenderung memilih untuk memasak makanan cepat saji. Padahal, makanan cepat saji tidak memiliki gizi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

Makanan cepat saji mengandung banyak bahan kimia tambahan pangan serta pengawet yang berbahaya bagi tubuh. Selain itu, makanan cepat saji juga mengandung kalori yang lebih tinggi. Mengonsumsi makanan cepat saji saat sahur justru akan membuat Anda cepat lapar di siang hari.

Hindari Roti

Saat berpuasa hindarilah mengonsumsi roti, baik saat sahur maupun buka puasa. Roti biasanya terbuat dari tepung terigu yang mengandung kalori tinggi. Makan roti memang mengenyangkan. Akan tetapi, mengonsumsi roti membuat Anda lebih cepat lapar.

Jika terpaksa makan roti, sebaiknya pilihlah roti yang dibuat dari gandum utuh. Roti tersebut memiliki kandungan serat yang lebih tinggi, sehingga membuat perut kenyang lebih lama.

Jangan Makan Gorengan

Makan makanan yang digoreng alias gorengan saat berbuka puasa merupakan hal yang lazim dilakukan banyak orang. Akan tetapi, mulai saat ini hindarilah mengonsumsi gorengan.

Gorengan mengandung banyak lemak jenuh yang memicu timbulnya kolesterol dalam tubuh. Di samping itu, makanan yang digoreng akan sulit dicerna tubuh. Oleh sebab itu, makan gorengan saat berbuka akan memperlambat proses metabolisme tubuh.

Perbanyak Minum Air Putih

Air adalah komponen paling penting dalam tubuh. Selama berpuasa, tubuh tetap memerlukan cairan minimal dua liter atau delapan gelas air.

Jika tidak dipenuhi, tubuh akan rentan terkena dehidrasi. Nah, jika Anda sedang berpuasa cukupilah kebutuhan cairan tubuh dengan minum dua gelas air putih saat sahur dan berbuka, serta empat gelas air putih pada malam hari. (Chelin Indra/JIBI/Solopos.com)

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya