SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dailymail)

Info hidup sehat kali ini membahas penyebab kanker kepala dan leher.

Solopos.com, SOLO – Ciuman adalah ekspresi rasa sayang, tapi bagaimana jika ciuman bisa menyebbkan penyakit kanker? Kini, berciuman bisa menjadi penyebab penyakit kanker kepala dan leher.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hal ini disebabkan adanya penularan Human Papilloma Virus (HPV) atau virus pemicu kanker kepala dan leher.

Dilansir Dailymail.co.uk, Selasa (28/7/2015), Mahiban Thomas, dokter bedah spesialis kepala dan leher, menyatakan bahwa orang yang terkena virus HPV akan 250 kali lebih berisiko terkena kanker kepala dan leher.

Thomas juga menerangkan bahwa virus HPV bisa menyerang baik pria maupun wanita.

Ada lebih dari 100 virus, tapi hanya delapan di antaranya yang menyebabkan kanker kepala dan leher, termasuk virus HPV. Sebuah organisasi pencegahan penyakit menjelaskan bahwa virus HPV bisa ditularkan melalui ciuman.

“Bahkan tanpa aktivitas seksual, virus HPV bisa ditularkan melaui kontak mulut,” kata Thomas.

Sebanyak 70% pasien kanker kepala dan leher di Amerika Serikat disebabkan oleh virus HPV. Ciuman menjadi penyebab utama penularan virus HPV dibandingkan dengan merokok dan minuman keras yang jumlahnya lebih sedikit.

“Ada perubahan drastis penyebab penularan virus HPV, mengejutkan sekali ciuman bisa menjadi penyebab utama penularan virus tersebut,” tandas Thomas. (Diah Puspita Ningrum/JIBI/Solopos.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya