SOLOPOS.COM - Ilustrasi lada hitam (onlinehalalfood.com)

Info herbal kali ini mengenai manfaat lada hitam.

Solopos.com, SOLO – Lada hitam yang biasa digunakan sebagai bahan penyedap masakan ini ternyata memiliki berbagai manfaat lain. Jenis rempah-rempah yang satu ini telah digunakan sebagai bahan obat tradisional sejak zaman nenek moyang orang Indonesia.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tetapi, tahukan Anda bahwa lada hitam memiliki manfaat lain seperti mengusir tikus dan menyembuhkan luka? Seperti dilansir laman Healthmeup, Jumat (22/5/2015), berikut adalah manfaat lain dari lada hitam yang ada di dapur Anda.

Menjaga Warna Pakaian

Apakah pakaian favorit Anda menjadi kusam setelah beberapa kali dicuci? Jika iya, lain kali coba tambahkan satu sendok teh lada hitam dalam air sabun yang Anda gunakan untuk mencuci. Lada hitam dipercaya dapat dapat memperkuat warna pakaian yang gelap dan mencegah kelunturan pada pakaian berwarna cerah.

Meredakan Nyeri Otot

Rasa nyeri pada otot dan sendi biasanya disebabkan oleh beratnya aktivitas yang dilakukan oleh tubuh. Jika dibiarkan, kondisi ini akan mengganggu pekerjaan seseorang. Lada hitam dipercaya mampu mengendurkan otot-otot yang tegang. Anda bisa mengoleskan campuran lada hitam, kunyit dan minyak sayur untuk meredakan nyeri otot.

Kurangi Kencanduan Rokok

Sebuah hasil penelitian di Amerika Serikat mengungkapkan bahwa minyak lada hitam bisa mengurangi tingkat ketergantungan seseorang pada rokok. Aroma minyak lada hitam ini dipercaya mampu menghentikan kebiasaan merokok pada seseorang. Para sukarelawan dalam uji coba penelitian tersebut mengatakan bahwa menghirup minyak lada hitam memiliki sensasi rasa yang sama dengan menghisap sebatang rokok. Seseorang yang sedang mencoba berhenti merokok sebaiknya menghirup minyak lada hitam ketika rindu pada rokonya.

Hilangkan Nyeri Gigi

Sakit gigi akan mengganggu aktivitas seseorang. Orang yang mengalami sakit gigi biasanya cenderung merasa lemas dan akan lebih cepat marah. Semua suara keras yang ada disekitarnya terasa amat mengganggu.

Untuk meredakannya, gosokkan satu butir lada hitam pada gigi yang sakit. Agar lebih mudah, Anda juga bisa membuat obat kumur dari lada hitam. Caranya, campurkan dua sendok teh bubuk lada hitam dengan segelas air panas. Setelah larutan tersebut dingin, berkumurlah dengannya untuk mengurangi rasa sakit.

Menyembuhkan Luka

Lada hitam juga mampu menghentikan pendarahan pada luka goresan kecil. Lada hitam bekerja cepat untuk mengentalkan darah dan menutup luka. Lada hitam besifat anti bekteri yang mampu mencegah infeksi.

Mengusir Tikus

Keberadaan tikus di rumah kerap membuat seseorang merasa jengkel. Mengusir tikus adalah pekerjaan yang tak mudah karena tikus susah di tangkap. Mulai saat ini jangan khawatir, ternyata lada hitam yang ada di dapur Anda terbukti ampuh mengusir tikus. Aroma dan rasa lada hitam yang pedas ini tidak disukai tikus. Untuk membuat tikus pergi, taburilah daerah rumah Anda degan lada hitam.

Meredakan Hidung Tersumbat

Lada hitam adalah dekongestan alami yang mampu meredakan hidung tersumbat. Aroma lada hitam yang kuat ini ternyata mampu menghilangkan lendir yang menyumbat hidung. Ketika Anda sedang flu, coba campurkan lima tetes minyak lada hitam dan tiga tetes minyak kayu putih dalam segelas air panas. Hiruplah aroma ramuan itu, maka lendir yang menyumbat hidung Anda akan menjadi berkurang. (Chelin Indra/JIBI/Solopos.com)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya