SOLOPOS.COM - Sampul depan buku 100 Janji Jokowi JK (Dok/JIBI/Solopos)

Info buku kali ini tentang buku karya Tim Riset Institut For Policy Studies yang mengulas janji Jokowi-JK.

Solopos.com, SOLO — Buku garapan penulis dari Tim Riset Institute For Policy Studies, berjudul 100 Janji Jokowi-JK, menjadi salah satu buku yang menandakan perhatian masyarakat Indonesia dalam proses kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan wakilnya, Jusuf Kalla (JK).

Promosi Siap Layani Arus Balik, Posko Mudik BRImo Hadir di Rute Strategis Ini

Berikut, Solopos himpun informasi tentang buku 100 Janji Jokowi-JK;

Buku 100 Janji Jokowi-JK (Dok/JIBI/Solopos)

Buku 100 Janji Jokowi-JK (Dok/JIBI/Solopos)

Judul                 : 100 Janji Jokowi-JK
Penulis             : Tim Riset Institute For Policy Studies
Penyunting     : Wahyu Mardika dan Hasby M Zamri
Penerbit           : Institute For Policy Studies, Jakarta, Cetakan Ke-2, Januari 2015
Tebal                 : xvi + 208 halaman
ISBN                  : 9786027160507

“The winner takes it all” atau “pemenang mengambil semuanya” adalah pepatah yang barang kali sering kita dengar. Tetapi di Indonesia, khususnya dalam konteks politik bisa saja istilah tersebut  tidak berlaku . Yang berlaku adalah pepatah  “pemenang wajib memenuhi semuanya”. Dalam hal ini yang dimaksud adalah harus memenuhi semua janji yang disampaikan ketika masa kampanye.

Demikian pula kemenangan pasangan Joko Widodo dan Jusuf Kalla atau pasangan Jokowi-JK dalam hajatan Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) Indonesia, 2014 lalu. Keduanya kini dihadapkan pada tantangan agar memenuhi semua janji mereka apabila memenangkan Pilpres tersebut.

Buku 100 Janji Jokowi-JK ini dikerjakan Tim Riset Institute For Policy Studies (IPS) Jakarta yang mengumpulkan dan mendokumentasikan berbagai dokumen terkait janji Jokowi-JK. Kebanyakan janji-janji  tersebut dimuat di media massa, termasuk media online.

Ada 100 janji yang didokumentasikan oleh Tim Riset IPS Jakarta. Setiap janji yang diulas, diberi keterangan tambahan untuk mempermudah pemahaman pembaca. Buku 100 Janji Jokowi-JK ini bisa dibilang sebagai buku pengingat bagi publik agar tetap setia mengawal setiap kebijakan Jokowi-JK, termasuk mengingatkan agar janji-janjit tersebut dipenuhi dan bukan hanya janji manis.

Buku 100 Janji Jokowi-JK juga mengingatkan pembaca agar lebih dewasa dalam menentukan pilihan politik, bukan hanya berdasar janji-janji yang belum tentu dipenuhi para politikus terpilih nantinya. Tidak hanya untuk pemilihan pemerintah pusat, buku ini secara tidak langsung juga mengedukasi publik untuk bersikap objektif dalam hajatan politik, seperti pemilihan anggota legislatif dan pemilihan kepala daerah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya