SOLOPOS.COM - Ilustrasi suasana pusat perbelanjaan eceran (JIBI/Solopos/Dok.)

Solopos.com, SOLO — Sirup dan biskuit menjadi produk yang stoknya paling banyak ditambah oleh para pedagang eceran menjelang bulan Ramadan. Secara umum ritel terus menambah stok untuk memenuhi lonjakan kebutuhan masyarakat mendekati Bulan Puasa.

Store Manager Lottemart The Park Mall, Solo Baru, Sukoharjo, Siti Partimah, menyampaikan saat ini pihaknya sudah mulai menambah stok sekitar 20% atau senilai Rp4 miliar jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Penambahan stok tersebut sudah dilakukan sejak akhir bulan lalu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Permintaan saat ini belum naik, masih normal karena hanya untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Meski begitu, kami sengaja sudah menambah stok karena permintaan biasanya melonjak tajam ketika Ramadan. Oleh karena itu, supaya tidak mengecewakan konsumen, kami melengkapi produk yang kami jual sejak jauh hari,” ungkap Siti saat dihubungi Solopos, Sabtu (7/6/2014).

Dia menyampaikan kebanyakan barang yang ditambah saat ini adalah biskuit dan sirup. Ke depan pihaknya akan semakin melengkapi produk yang ada. Oleh karena itu, pihaknya mengaku akan mendatangkan lebih banyak produk saat Ramadan dan menjelang Lebaran nanti. Pasalnya kebutuhan saat menjelang Lebaran tidak hanya untuk konsumsi sendiri tapi juga untuk menjamu tamu atau diberikan kepada sanak keluarga.

Manajer Divisi Fresh Hypermart Solo Square, Tri Wibowo, menyampaikan saat ini pihaknya sudah menerima sekitar 50% dari total order untuk persiapan Ramadan. Menurut dia, kebanyakan produk yang sudah datang

adalah sirup, kurma, biskuit, dan wafer. Produk lainnya, seperti gula pasir, terigu, dan minuman soda juga akan terus ditambah pasokannya dalam waktu dekat. Akibat penambahan stok tersebut, Tri menyampaikan gudang saat ini sudah penuh. Meski begitu, pihaknya belum berencana menyewa gudang tambahan untuk menampung barang tersebut.

“Kalau untuk produk segar seperti sayuran, ikan dan daging baru kami datangan mendekati Ramadan. Hal ini karena kalau ditambah jauh hari akan mengurangi kualitas produk,” ujarnya.

Dia menyampaikan momen Ramadan dan Lebaran merupakan momen yang sudah ditunggu-tunggu karena biasanya akan ada lonjakan yang signifikan. Bahkan biasanya lonjakan permintaan mencapai dua kali lipat jika dibandingkan dengan hari biasa. Oleh karena itu, ketersediaan pasokan menjadi sangat penting.

Pihaknya memprediksi pada Ramadan dan Lebaran tahun ini akan ada kenaikan penjualan sekitar 20%-25% jika dibandingkan dengan tahun lalu.

Hal yang sama juga diungkapkan Sales Manager Groceries Carrefour Solo Paragon Mall, Irfan Chaeruddin. Irfan menyampaikan saat ini sudah menambah pasokan khususnya produk yang tahan lama, seperti biskuit, sirup dan juga produk tekstil. “Kami memprediksi akan ada lonjakan permintaan sekitar 30% jika dibandingkan tahun lalu,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya