SOLOPOS.COM - Ilustrasi inflasi (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Inflasi Madiun dipicu kenaikan harga kebutuhan pokok, telur ayam ras.

Madiunpos.com, MADIUN — Kenaikan harga telur ayam ras telah memicu inflasi di Kota Madiun, Jawa Timur, pada bulan Desember 2015 yang mencapai 0,59% dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 120,04.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Sejak dua bulan terakhir, komoditas telur ayam ras terus mengalami kenaikan signifikan di sejumlah pasar tradisional yang saat ini berkisar antara Rp23.000/kg hingga Rp23.500/kg dari harga normal yang mencapai Rp17.000/kg hingga Rp18.000/kg.

“Inflasi di Kota Madiun terjadi karena adanya kenaikan harga yang ditunjukkan oleh adanya perubahan indeks pada beberapa kelompok pengeluaran,” ujar Kasie Statistik Distribusi, BPS Kota Madiun, Sri Marheningrum, kepada wartawan, Jumat (8/1/2016).

Kelompok pengeluaran tersebut di antaranya, kelompok bahan makanan sebesar 1,92%; kelompok makanan jadi, minuman, rokok, dan tembakau sebesar 0,34%; kelompok perumahan, air, listrik, gas, dan bahan bakar sebesar 0,34%.

Kemudian, kelompok sandang sebesar 0,25%; kelompok kesehatan sebesar 0,52%; kelompok pendidikan, rekreasi, dan olahraga sebesar 0,03%; serta kelompok transportasi, komunikasi, dan jasa keuangan sebesar 0,15%.

Menurut dia, sejumlah komoditas yang mengalami kenaikan harga dan mendongkrak laju inflasi di antaranya, bawang merah, telur ayam ras, tarif listrik, cabai rawit, dan pembalut wanita. Sedangkan, komoditas yang mengalami penurunan harga dan menghambat laju inflasi antara lain kayu balokan, salak, emas perhiasan, minyak goreng, dan buah pir.

Inflasi Jatim
Marheningrum menambahkan, dari delapan kota penghitung inflasi nasional di Jawa Timur, semuanya tercatat mengalami inflasi. Kota yang mengalami inflasi tertinggi adalah, Kota Surabaya dengan inflasi mencapai 0,94 dengan IHK sebesar 121,85. Sedangkan inflasi terendah adalah Kabupaten Jember yang mencapai 0,39 dengan IHK 120,2. Kota Madiun sendiri berada di urutan keenam.

Sementara, Provinsi Jawa Timur tercatat mengalami inflasi sebesar 0,85% dan secara nasional terjadi inflasi sebesar 0,96%.
KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya
KLIK di sini untuk mengintip Kabar Sragen Terlengkap

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya