INFLASI JATENG : Kenaikan Harga BBM dan Elpiji 12 Kg Pacu Inflasi

INFLASI JATENG : Kenaikan Harga BBM dan Elpiji 12 Kg Pacu Inflasi

SOLOPOS.COM - ilustrasi laju inflasi (JIBI/Solopos/Dok.)

Inflasi Jateng melonjak di antaranya karena dipicu kenaikan harga BBM dan elpiji 12 kg.

Solopos.com, SEMARANG - Jawa Tengah pada April lalu mengalami lonjakan inflasi sebesar 0,17% month to month (mtm) dibandingkan bulan sebelumnya 0,16%. Kondisi itu dipicu kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) yang berlaku mulai awal April.

Secara tahunan inflasi Jateng sebesar 5,99% year on year (yoy) meningkat dari 5,69% (yoy) di Maret. Kendati terjadi lonjakan, inflasi di Jateng jauh lebih rendah dari nasional sebesar 0,36% (mtm).

Adapun pada Mei ini, risiko tekanan harga di Jateng diperkirakan masih akan terjadi walaupun dalam level yang relatif rendah. Hal ini sejalan dengan rencana kebijakan pemerintah untuk menaikkan tarif listrik untuk beberapa golongan pelanggan.

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jateng Ananda Pulungan mengatakan komoditas yang memberikan sumbangan terbesar adalah bensin, diikuti bawang putih, tarif kereta api, bahan bakar rumah tangga, dan gula pasir.

Berdasarkan disagregasinya, papar Ananda, peningkatan inflasi Jateng lebih disebabkan oleh kelompok administered prices.
“Kelompok administered prices tercatat mengalami inflasi sebesar 1,69% [mtm] lebih tinggi dibandingkan Maret sebesar 0,95% [mtm],” papar Ananda, Jumat (8/5/2015).

Dia mengakui kenaikan harga komoditas didorong oleh adanya penyesuaian harga BBM. Di samping itu, kenaikan elpiji 12 kg juga turut memberikan andil dalam kenaikan inflasi.

Akan tetapi, lanjut dia, kenaikan harga BBM belum memiliki dampak lanjutan (second round effect) pada kenaikan tarif angkutan dalam kota maupun angkutan luar kota. Sehubungan dengan kenaikan harga BBM, Pemprov Jateng menetapkan tidak akan menaikkan tarif angkutan antarkota dalam provinsi.

Di sisi lain, kelompok volatile foods kembali melanjutkan tren deflasi yang sudah terjadi sejak Januari 2015. Pada April deflasi tercatat sebesar 1,41 % (mtm) lebih dalam dibandingkan Maret lalu yang hanya mengalami deflasi sebesar 0,33%.

Sementara dari sisi permintaan, terjaganya ekspektasi masyarakat menjadi faktor stabilnya inflasi inti di April yang tercatat sebesar 0,02% (mtm).

“Secara umum, dapat dikatakan rendahnya inflasi di Jateng karena kenaikan harga BBM yang dikompensasi penurunan harga volatile food,” ujarnya.

Kepala Disperindag Jateng Prijo Anggoro Budil Rahardjo mengatakan inflasi yang diakibatkan oleh BBM merata terjadi secara nasional.

Adapun komoditas pertanian yang mengalami kenaikan harga, pihaknya bakal berkoordinasi dengan pemerintah daerah dan Perum Bulog untuk turut mendistribusikan komoditas yang mengalami kelebihan stok ke wilayah yang defisit.

Berita Terkait

Berita Terkini

Israel Tewaskan 7 Warga Palestina di Tepi Barat

Tujuh orang warga Palestina meninggal dunia pada Jumat (14/5/2021) akibat aksi kekerasan pasukan Israel yang membubarkan aksi unjuk rasa mereka.

Pengrajin Jamu Gendong Asal Sukoharjo Tak Pulang Kampung, Sebelum Ramadan Sudah Kulakan Dulu

Sebagian pengrajin jamu asal Nguter Sukoharjo memilih tidak pulang ke kampung halaman saat Lebaran 2021. Mereka kulakan bahan baku jamu dalam jumlah besar untuk menambah stok jamu sebelum bulan puasa.

Ini Alasan Mantan Tetap Ingin Berteman, Terima atau Tidak?

Ada sejumlah penyebab melandasi niatan sang mantan ingin tetap berteman.

Benarkah Makan Bawang Merah Berlebihan Bikin Bau Vagina Tak Sedap?

Makan bawang merah bisa memicu bau tak sedap pada vagina.

Partai Golkar Kecam Keras Serangan Israel ke Palestina

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menyatakan pihaknya mengecam keras serangan tentara Israel terhadap rakyat Palestina.

Penonton Liga Inggris Bisa Sepenuhnya Datangi Stadion di Musim Ini

Pengelola Premier League Inggris berencana membuka akses bagi para penonton untuk menonton di stadion pada musim 2021- 22 ini.

Duh! Sampah Petasan Kotori Alun-Alun Pengging Boyolali

Alun-Alun Pengging Boyolali dikotori dengan keberadaan sampah. Sebagian besar sampah itu adalah serpihan-serpihan kertas bekas petasan.

Makin Brutal, Pemboman Israel Tewaskan Satu Keluarga Palestina

Pemboman oleh pasukan Israel pada Kamis (13/5/2021) malam menumpas habis seluruh anggota sebuah keluarga Palestina di wilayah utara Jalur Gaza.

Ada Larangan Mudik, Bus dan Truk yang Masuk Solo Turun Drastis

Jumlah bus dan truk yang keluar masuk Kota Solo menurun drastis selama pemberlakuan larangan perjalanan mudik oleh Kementerian Perhubungan.

Satgas Covid-19 Evaluasi Kasus Selama Libur Lebaran

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Sukoharjo, Yunia Wahdiyati, mengatakan belum bisa memperkirakan apakah terjadi lonjakan kasus Covid-19 selama libur Lebaran.

Resiliensi Sektor informal

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa, 4 Mei 2021. Esai ini karya Muhammad Taufik Nandito, mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyan Surakarta dan aktif di Lingkar Studi Sasadara di Kleco, Kota Solo.

Lebaran, 8 Balon Udara Dilaporkan Terbang di Langit Indonesia

Sebanyak 8 balon udara dilaporkan berada di langit Indonesia saat momentum Lebaran tahun ini. Sejauh ini, belum ada laporan balon udara melintas di langit Solo.