SOLOPOS.COM - Ilustrasi inflasi atau deflasi. (academyft.com)

Inflasi Jateng menurut BPS tak dipengaruhi momentum Iduladha 2016.

Semarangpos.com, SEMARANG — Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Tengah (Jateng) menyatakan pengaruh peringatan Iduladha 2016 terhadap inflasi tidak sebesar seperti saat Idulfitri 2016.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Pada Idulfitri 2016 ada ekspektasi inflasi, jadi punya uang atau tidak pasti akan beli kue dan beli baju,” kata Kepala Bidang Statistik Distribusi BPS Jawa Tengah Endang Tri Wahyuningsih di Semarang, Kamis (15/9/2016).

Ekspedisi Mudik 2024

Selain itu, Idulfitri dinikmati oleh masyarakat seluruh Indonesia, sedangkan pada saat Iduladha tidak demikian, hanya sebagian masyarakat yang menikmati. “Jadi kalau ada kenaikan tidak akan terlalu besar. Sejauh ini suplai juga masih terjaga,” katanya.

Untuk diketahui, kondisi pada bulan Agustus yang dirilis pada awal September 2016 lalu Jawa Tengah mengalami deflasi sebesar 0,28%. Untuk komoditas daging sapi bahkan juga mengalami deflasi sebesar 4,11 persen.

Dengan terjadinya deflasi di bulan Agustus 2016 lalu kalaupun terjadi inflasi di September 2016 ini diharapkan tidak akan terlalu tinggi. “Kami lihat dulu selama satu bulan ini perkembangan harga di pasaran seperti apa. Kalau misalnya ada komoditas yang di bulan lalu sudah mengalami kenaikan harga dan di bulan berikutnya mau naik lagi kan juga terlalu tinggi,” katanya.

Meski demikian, pihaknya tidak memungkiri kondisi tersebut tergantung dari konsumsi, suplai, dan ekspektasi inflasi. “Iduladha kan September jadi belum terlihat, akan dilihat nanti. Apakah harga daging tetap tinggi, akan terlihat pada rilis di bulan Oktober,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya