Inflasi DIY Turun, Ini Penyebabnya

Inflasi DIY Turun, Ini Penyebabnya

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Logo Bank Indonesia. (Istimewa)

Menurunnya tekanan inflasi sejalan dengan kembali normalnya konsumsi

Solopos.com, JOGJA-Sesuai Berita Resmi Statistik (BRS) yang diterbitkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), inflasi DIY pada Januari 2018 tercatat 0,55% (mtm) atau 3,50% (yoy), lebih rendah dibandingkan bulan sebelumnya (0,90% mtm) dan pencapaian nasional sebesar 0,62% (mtm).

Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) DIY Budi Hanoto menjelaskan, inflasi tersebut juga tercatat lebih rendah dibandingkan rata-rata inflasi Januari lima tahun terakhir sebesar 0,78% (mtm). Menurunnya tekanan inflasi sejalan dengan kembali normalnya konsumsi dan kunjungan wisatawan pasca peak season libur Natal dan Tahun Baru.

"Hal ini tercermin dari menurunnya tekanan inflasi volatile food dan administered prices, sementara kelompok inti masih memberikan andil terhadap peningkatan inflasi," papar dia dalam rilis yang diterima Solopos.com, Jumat (2/2/2018).

Berdasarkan disagregasinya, kelompok volatile food mengalami inflasi 2,03% (mtm) dengan andil 0,34% (mtm) pada Januari 2018, menurun dibandingkan bulan sebelumnya sebesar 3,91% (mtm). Pencapaian tersebut juga lebih rendah dibandingkan rata-rata historis Januari dalam lima tahun terakhir yaitu 2,58% (mtm).

Koreksi harga telur ayam ras dan bawang merah menahan tekanan laju inflasi volatile food lebih dalam. Kembali normalnya produktivitas ayam petelur (layer) pascawabah virus H9N2, mendorong penurunan harga telur ayam ras di level Rp22.000,-/kg pada Januari 2018.

Disamping itu, melimpahnya pasokan dan kelancaran distribusi bawang merah memberikan kontribusi pada penurunan inflasi volatile food. Di sisi lain, harga komoditas beras dan cabai rawit masih mengalami kenaikan masing-masing dengan tingkat inflasi 4,42% dan 44,79%.

Kelompok administered prices tercatat inflasi 0,42% (mtm) dengan andil sebesar 0,08% (mtm) pada Januari 2018, menurun dibandingkan inflasi bulan sebelumnya sebesar 1,12% (mtm). Penurunan tekanan inflasi dipengaruhi tarif kereta api yang tercatat deflasi sebesar 10,12% (mtm), sejalan dengan berangsur normalnya kunjungan wisatawan pasca peak season libur Natal dan Tahun Baru.

Walaupun demikian, penurunan inflasi tersebut masih tertahan oleh kenaikan tarif angkutan udara yang tercatat 5,76% (mtm) dan bensin 0,54% (mtm). Masih tingginya tarif angkutan udara dipengaruhi oleh musim liburan yang masih berlangsung hingga minggu ke-II Januari 2018, sehingga permintaan masyarakat masih cukup tinggi dan mendorong maskapai untuk menetapkan harga pada level batas atas.

Di sisi lain, inflasi inti tercatat mengalami peningkatan inflasi sebesar 0,22% (mtm), lebih tinggi dibandingkan 0,09% (mtm) pada bulan sebelumnya. Meningkatnya tekanan inflasi inti didorong oleh peningkatan inflasi upah pembantu rumah tangga, tukang bukan mandor dan emas perhiasan, dengan inflasi masing-masing sebesar 1,22% (mtm), 1,13% (mtm) dan 2,01% (mtm).

Periode awal tahun menjadi momentum bagi peningkatan upah pekerja yang mempengaruhi dalamnya tekanan inflasi upah pembantu rumah tangga dan tukang bukan mandor pada Januari 2018. "Sementara itu, tingginya harga emas perhiasan pada periode Januari 2018 sejalan dengan pergerakan harga emas dunia yang berada dalam tren meningkat," ungkap dia.

Berbagai upaya telah dilakukan BI DIY bersama dengan Pemerintah Daerah DIY untuk memperkuat sinergi dan koordinasi. Tujuannya, untuk menjaga stabilisasi harga di DIY. Upaya itu antara lain rapat koordinasi di berbagai level baik dengan TPID Provinsi maupun Kabupaten/Kota, operasi pasar beras oleh Bulog DIY bekerja sama dengan Disperindag dan Satgas Pangan.

Dilakukan pula program menjaga ekspektasi inflasi seperti melalui bazar pasar murah beras oleh Toko Tani Indonesia (BKPP DIY), serangkaian Focus Group Discussion dengan pelaku usaha maupun Dinas/Instansi terkait, serta koordinasi dengan Koppasindo dalam upaya meningkatkan efisiensi tata niaga pangan di DIY.

Berita Terkait

Berita Terkini

Hamil di Luar Nikah, Pelajar SMK Magelang Gugurkan Janin 8 Bulan

Pelajar SMK nekat melakukan aborsi pada janin 8 bulan yang ia kandung. Warga menemukan janin yang ia kubur dan melaporkannya ke polisi.

Daging Busuk Kedapatan Dijual di Pasar Tradisional Magelang

Tim Dinas Pertanian dan Pangan Kota Magelang, menemukan daging busuk dijual di pasar saat sidak pasar daging di beberapa pasar tradisional.

35 Jemaah Masjid di Gayam Sukoharjo Jadi Kontak Erat Pasien Covid-19

Sebanyak 35 jemaah Masjid Al Huda Darmosari, Kelurahan Gayam, Kecamatan/Kabupaten Sukoharjo menjadi kontak erat 1 jemaah positif Covid-19.

Warga Kawasan Aglomerasi Boleh Mengunjungi Objek Wisata Klaten

Pemkab Klaten akhirnya tak membatasi daerah asal pengunjung objek wisata. Namun, para pengelola harus tetap menerapkan ketentuan jumlah pengunjung maksimal 30% dari kapasitas.

Miris, Pelaku Pembakar Gadis Cianjur Ternyata Kekasih Sendiri

Polres Cianjur menangkap pria pelaku pembakar gadis bernama Indah Daniarti. Pelaku ternyata kekasih korban.

Tom Cruise Ngamuk Saat Syuting "Mission Impossible 7", Kenapa Ya?

Kesabaran Tom Cruise saat pembuatan Mission Impossible 7 sepertinya tengah diuji.

Resep Opor Ayam Khas Solo Sedap untuk Lebaran

Berikut resep opor ayam spesial khas Solo yang dapat disajikan saat Lebaran tiba untuk menjamu keluarga tercinta.

Cari Bandar Pil Koplo di Lapas Probolinggo, Polisi Pulang dengan Tangan Hampa

Berbekal informasi dari pengedar pil koplo yang mereka tangkap, Satnarkoba Polres Tulungagung Kota merazia Lapas Tulungagung. Namun mereka tak menemukan bandar maupun barang bukti dalam razia tersebut.

Pabrik Snack di Tegalmas Klaten Terbakar, Kerugian Rp500 Juta

Kuat dugaan, kobaran api itu bersumber dari penggorengan di tungku atau kompor yang telah disiapkan dua karyawan pabrik snack itu.

Berkah Bulan Puasa, Penjualan Eceran Maret 2021 Melejit dari Posisi Minus

Hasil Survei Penjualan Eceran (SPE) mengindikasikan peningkatan kinerja penjualan eceran secara bulanan pada Maret 2021.

320 Bidang Tanah Telah Dibebaskan untuk JLT, 6 Pemilik Lahan Menolak

Pembayaran ganti rugi lahan dan bangunan milik masyarakat dilaksanakan di aula Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sukoharjo, Senin (10/5/2021).

OTT Bupati Nganjuk, Diehard Orang Terbaik KPK

"Udah masuk list 75, tapi masih OTT smiling face with smiling eyes."