SOLOPOS.COM - ilustrasi laju inflasi (JIBI/Solopos/Dok.)

Inflasi daerah menjadi pokok pembahasan TPID di 13 kota/kabupaten di Jatim.

Madiunpos.com, KEDIRI – Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) mengemukakan di tengah perekonomian yang melemah, pengendalian inflasi khususnya bahan pangan menjadi sangat penting. Selain itu, stabilitas harga juga sangat penting mengingat inflasi menjadi salah satu komponen dalam penghitungan bunga dan kenaikan upah minimum provinsi (UMP).

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Artinya besar kecilnya inflasi akan turut berkontribusi terhadap daya saing ekonomi suatu daerah. Oleh karena itu, TPID harus menjadi garda terdepan pengendalian Inflasi,” kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Kediri Djoko Raharto di Kediri, Senin (28/3/2016).

Ekspedisi Mudik 2024

Pada Senin, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) se-Wilayah Karesidenan Kediri dan Madiun mengadakan pertemuan untuk membahas tentang upaya menjaga stabilitas harga pangan di kantor BI Kediri. Kegiatan tersebut dihadiri oleh perwakilan tiga TPID Kota dan 10 (sepuluh) TPID Kabupaten.

Sementara itu, Ketua Tim Teknis Kelompok Kerja Nasional (Pokjanas) TPID Edi Prio Pambudi, menegaskan pengendalian inflasi memerlukan sinergi kebijakan antarlembaga.

Edi mengatakan saat ini telah dilakukan penyusunan pemetaan tentang pengendalian inflasi, yang disusun berdasarkan masukan mengenai permasalahan serta solusi pengendalian inflasi di seluruh Indonesia.

“Kami meminta agar ada saran maupun masukan terkait pemetaan tersebut dapat disampaikan oleh seluruh TPID di Tanah Air,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Pertambangan dan Energi (Disperindagtamben) Kota kediri Yetti Sisworini mengatakan selalu berupaya untuk melakukan sinergi demi mengendalikan inflasi.

“Untuk pengendalian inflasi kami lakukan melalui instrumen operasi pasar murni pada momen-momen khusus,” ujar dia.

Inflasi Kota Kediri dan Madiun pada 2015 masing-masing mengalami inflasi 1,71 persen dan 2,75 persen. Inflasi Kota Kediri termasuk yang terendah di Jawa, dan jauh di bawah angka Inflasi Nasional yaitu 3,35 persen dan angka Inflasi di Jawa yaitu 3,04 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya