SOLOPOS.COM - Ilustrasi aktivitas pekerja industri tekstil (JIBI/Solopos/Dok.)

Ilustrasi Pekerja di Industri Tekstil (Dok/JIBI/Solopos)

Ilustrasi Pekerja di Industri Tekstil (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO–Kantor Bagian Promosi Perdagangan untuk Kedutaan Besar Italia, bersama Asosiasi Produsen mesin Tekstil Italia mengadakan lokakarya dengan menghadirkan 10 perusahaan pabrikan mesin tekstil dari Italia di dua kota pusat industri tekstil Indonesia, yaitu Bandung dan Solo.  Di Solo, lokakarya itu diselengarakan di Novotel, Senin (11/11/2013).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Kantor  Bagian Promosi Perdagangan untuk Kedutaan Besar Italia, Samuele Porsia, mengatakan industri tekstil telah menjadi salah satu komoditas ekspor utama Indonesia dan telah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. Sementara itu, mesin tekstil buatan Italia telah dikenal di seluruh dunia berkat kecanggihan teknologi dan fleksibilitas berbagai jenis mesinnya yang memungkinkan produsen mesin tekstil Italia untuk memenuhi beragam permintaan pasar.

“Oleh karena itu program ini diyakini sangat bermanfaat untuk memperkuat kerjasama antara kedua negara.”

Kesepuluh perusahaan mesin tekstil itu fokus pada produksi mesin tekstil dengan fungsi yang beragam, mulai dari mesin pemintalan, mesin pemutar, penggulung dan winding, mesin pra-tenun dan penenunan, mesin rajut, mesin finishing, mesin laundry hingga mesin penganyaman.

Pada kesempatan tersebut, Presiden Asosiasi Produsen mesin Tekstil Italia, Raffaella Carabelli, serta kesepuluh pabrikan mesin dari Italia mengundang perusahaan tekstil Indonesia terutama Solo untuk mengadakan pertemuan bisnis.

Rencananya, para delegasi dari Italia akan mengunjungi Pusat Tekstil di Bandung Rabu (13/11/2013) yang dipimpin oleh Dr.Suseno Utomo untuk menjajaki kemungkinan kerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengembangan Tekstil.

Ketua Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) Jawa Tengah, Dewanto Kusumo, mengatakan Jateng potensial untuk pengembangan tekstil.  Wilayah ini juga banyak investor dari asing yang datang dan berinvestasi di sektor tekstil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya