SOLOPOS.COM - Analisis keuntungan perusahaan pengembang ponsel. (Istimewa)

Industri smartphone sepertinya membuat Apple untung berlipat.

Solopos.com, CUPERTINO – Apple mencatat keuntungan tertinggi di antara kompetitornya di industri smartphone. Perusahaan yang berbasis di Cupertino, California, Amerika Serikat (AS) ini mencatat peningkatan keuntungan hingga 94% di kuartal ketiga tahun ini.

Promosi Kredit BRI Tembus Rp1.308,65 Triliun, Mayoritas untuk UMKM

Dilansir Mashable mengutip data yang dirilis Canaccord Gunity, Rabu (18/11/2015), catatan ini terbilang unik lantaran Appel mencatat total penjualan ponsel yang hanga meningkat 14,5%. yaitu 48 juta unit selama kuartal ketiga tahun 2015.

Dilansir Teknoup, Rabu, harga jual rata-rata Iphone pada kuartal ketiga ini memang terbilang cukup mahal, yakni US$670 atau sekitar Rp9,3 jutaan, dengan margin operasi 37%.

Analisis keuntungan perusahaan pengembang ponsel. (Istimewa)

Analisis keuntungan perusahaan pengembang ponsel. (Istimewa)

Sementara, Samsung meski masih berada diposisi puncak, dengan jumlah pengapalan smartphone paling besar, yakni 24,5 persen dengan total 81 juta unit di kuartal ketiga. Sayangnya, soal keuntungan Samsung menjadi runner up dan hanya mampu membukukan keuntungan sebanyak 11 persen dari total penjualan smartphone. Harga jual rata-rata ponsel dari vendor berbasis Korea Selatan ini hanya US$180 atau Rp2,4 jutaan bila dirupiahkan pada di kuartal ketiga ini.

Jika digabungkan keuntungan Apple dan Samsung sudah melebihi 100 persen, hal ini akibat kurugian yang diderita oleh pemain besar lainnya, termasuk HTC, BlackBerry, Sony, dan Lenovo. Mereka disebutkan tidak mampu bersaing di pasar smartphone segmen kelas atas, yaitu smartphone dengan harga diatas US$400 atau diatas Rp5,4 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya