SOLOPOS.COM - Ilustrasi pembangunan perumahan (JIBI/Bisnis/Endang Muchtar)

Industri properti Jateng lesu menjelang Lebaran, Real Estate Indonesia (REI) menyebutnya hal itu semacam siklus tahunan.

Semarangpos.com, SEMARANG — Real Estate Indonesia (REI) Jawa Tengah mengungkapkan terjadinya penurunan penjualan rumah 10%-15% dibandingkan dengan hari-hari normal. Kondisi itu semacam siklus tahunan yang datang setiap menjelang Lebaran.

Promosi Desa BRILiaN 2024 Resmi Diluncurkan, Yuk Cek Syarat dan Ketentuannya

“Itu biasa terjadi pada menjelang Lebaran, kalau untuk kalangan menengah biasanya akan memanfaatkan uang mereka untuk keperluan Lebaran,” kata seorang pengurus REI Jawa Tengah Bidang Promosi, Humas, dan Publikasi Juremi di Semarang, Selasa (10/5/2016).

Ekspedisi Mudik 2024

Menurut dia, penurunan penjualan akan terjadi untuk seluruh jenis rumah, mulai dari rumah untuk segmentasi sederhana hingga rumah mewah. Terkait dengan penurunan penjualan, pihak pengembang tidak dapat berbuat banyak mengingat hal tersebut sudah menjadi tren tahunan.

“Memang kami akan menggelar sejumlah promo, meski begitu upaya-upaya tersebut tidak memberikan hasil yang terlalu signifikan,” katanya.

Juremi mengatakan biasanya penurunan penjualan akan terjadi menjelang Lebaran 2016 dan menjelang tahun ajaran baru. “Tetapi untuk tahun ini kami agak diuntungkan dengan bersamaannya mementum menjelang Lebaran dengan jelang tahun ajaran baru. Jika biasanya penurunan terjadi dua kali dalam satu tahun, untuk tahun ini diprediksi hanya akan terjadi satu kali,” katanya.

Menurut dia, penjualan akan kembali baik sekitar 1-2 bulan seusai Lebaran 2016. Pada saat itu, penjualan akan kembali normal dan diharapkan bisa lebih meningkat dibandingkan dengan hari biasanya.

Seorang pengurus Bidang Lingkungan REI Jawa Tengah Nur Widi Wijatmiko mengatakan penurunan penjualan biasanya juga terjadi untuk rumah sederhana program fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP). “Untuk menarik calon konsumen, kami akan melakukan sejumlah program promo, di antaranya berupa hadiah, diskon uang muka, dan subsidi bunga,” katanya.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya