SOLOPOS.COM - Ilustrasi pabrik baterai mobil listrik Volkswagen. (Meobserver.org)

Industri otomotif Volkswagen segera bangun pabrik baterai mobil listrik.

Solopos.com, BEIJING – Industri otomotif asal Jerman, Volkswagen (VW) membuktikan keseriusan dan kesiapannya terjun ke pasar mobil listrik dengan mendirikan pabrik baterai di Tiongkok.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Seperti dilansir laman Autoblog, Kamis (30/6/2016), pabrik baterai mobil listrik itu didirikan VW dengan investasi mencapai 20 juta euro atau sekitar Rp292 miliar dan ditargetkan dapat beroperasi mulai tahun depan.

Memiliki kapasitas produksi tiga juga baterai per tahun, pabrik itu diproyeksikan untuk memenuhi kebutuhan baterai mobil listrik dan hybrid untuk pasar Amerika Serikat dan benua Eropa sehingga dapat mengurangi ketergantungan VW Group pada Samsung, Panasonic, dan LG.

Tidak berhenti sampai di situ, pabrik tersebut juga akan ditugaskan untuk memenuhi kebutuhan 30 model mobil ramah lingkungan Audi, Bentley, dan Porsche yang akan diperkenalkan bertahap hingga 2025 mendatang.

Menurut VW, Tiongkok dipilih karena negara tersebut menjadi salah satu yang paling gencar mengampanyekan peningkatan produksi kendaraan bertenaga listrik untuk memerangi masalah polusi udara.

Selain itu dengan membangun pabrik di Negeri Tirai Bambu, VW akan mendapatkan suntikan dana tambahan dari BUMN Shanghai Automotive.

Seperti diketahui, citra industri otomotif VW sempat anjlok setelah terbukti mencurangi data jumlah emisi gas buang pada jutaan unit mobil diesel produksinya tahun lalu. Sejak saat itu, pabrikan yang bermarkas di Wolfsburg tersebut memutuskan untuk mengembangkan bisnisnya ke arah kendaraan ramah lingkungan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya