SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Foto Ilustrasi  JIBI/Harian Jogja/Antara

Foto Ilustrasi
JIBI/Harian Jogja/Antara

Kanalsemarang.com, SEMARANG – Mebel asal Jawa Tengah berpotensi menguasai pasar Asia karena sudah ada beberapa negara besar yang menjadi tujuan ekspor komoditas tersebut, kata Ketua Asosiasi Industri Permebelan dan Kerajinan Indonesia (Asmindo) Jawa Tengah Erie Sasmito.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Beberapa negara di Asia yang sudah menjadi tujuan ekspor mebel Jateng, di antaranya Malaysia, Hong Kong, Taiwan, Tiongkok, dan Korea,” kata Erie Sasmito seperti dikutip Antara, Kamis (25/9/2014).

Menurut Erie, jumlah negara tersebut akan bertambah seiring dengan meningkatnya kualitas dan pemasaran, khusus komoditas mebel.

“Sejauh ini Pemerintah juga terus mendorong perajin dan pelaku usaha di bidang mebel untuk meningkatkan kualitas produknya agar dapat diterima oleh pasar mancanegara,” katanya.

Ia menyebutkan nama sejumlah daerah di Jateng yang merupakan sentra produksi mebel, yakni Jepara, Solo, Klaten, Kudus, Purwokerto, dan Magelang.

Produksi mebel dari Jateng, kata Erie, diminati oleh pasar mancanegara, salah satunya karena bentuk ukiran kerajinan kayu tersebut sesuai dengan selera etnis Tionghoa.

Sementara itu, selama ini peningkatan ekspor mebel tidak hanya terjadi di pasar Asia, tetapi juga di Amerika dan sejumlah negara di Eropa.

“Kami berharap pasar mebel pada tahun 2014 terus tumbuh seiring dengan pertumbuhan ekonomi di sejumlah negara. Ini untuk mengejar ketertinggalan penurunan ekspor mebel yang sempat terjadi beberapa waktu lalu akibat krisis ekonomi di sejumlah negara maju,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya