Tutup Iklan

Industri Mamin Jatim Perluas Pasar Ekspor ke Luar Asia

Tren pasar ekspor untuk komoditas makanan dan minuman olahan tahun 2019 ini dinilai cukup menggembirakan dengan permintaan yang terus meningkat.

Industri Mamin Jatim Perluas Pasar Ekspor ke Luar Asia

SOLOPOS.COM - (Kiri ke kanan) Direktur PT Siantar Top Tbk Armin, Dirut Siantar Top Agus Suhartanto, dan Direktur Siantar Top Suwanto saat paparan publik di Surabaya, Jumat (28/6/2019). (Bisnis-Peni Widarti)

Solopos.com, SURABAYA -- Tren pasar ekspor untuk komoditas makanan dan minuman olahan tahun 2019 ini dinilai cukup menggembirakan dengan permintaan yang terus meningkat.

Ketua Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (Gapmmi), Adhi S. Lukman mengatakan ekspor produk makanan minuman (mamin) tahun ini cukup ekspansif karena terbukanya pasar-pasar baru seperti Afrika, sekaligus adanya dukungan dari pemerintah yang memasukan sektor mamin dalam komoditas prioritas.

"Tahun ini, ekspor makanan dan minuman olahan diproyeksikan bisa menembus US$8 miliar, dengan target pertumbuhan industri 9%," kata dia, Jumat (28/6/2019).

Direktur Utama PT Siantor Top Tbk, Agus Suhartanto, mengatakan pada tahun lalu pasar ekspor produk makanan kemasan Siantar Top seperti snack meningkat 20%. Hal itu menggambarkan potensi pasar internasional yang terus terbuka bisa menjadi peluang bagi perseroan.

“Selama ini memang komposisi pasar ekspor kami belum banyak baru 10%, dan 90% pasar domestik, tapi semakin kesini ternyata produk kami seperti snack noodles merek Mie Gemez digemari di Korea Selatan, Jepang, China, dan Taiwan,” katanya saat paparan publik, Jumat.

Dia menambahkan dengan permintaan pasar luar negeri yang menggiurkan, perseroan bahan ingin menggenjot pasar ekspor sampai bisa berkontribusi 20% tahun ini. Tetapi hal itu tidak mudah mengingat tingkat persaingan di pasar internasional juga sangat ketat.

“Selain Asia yang jumlah penduduknya besar, kami tahun ini juga mau approaching pasar ke Afrika dan negara-negara Timur Tengah,” imbuhnya.

Direktur Siantar Top, Armin, menambahkan tahun ini perseroan juga menyiapkan belanja modal Rp422 miliar yang akan digunakan untuk perluasan usaha misalnya meningkatkan kapasitas produksi terutama untuk produk crackers.

Dalam kesempatan yang berbeda, Presiden Direktur Sekar Bumi Tbk, Harry Lukmito, mengatakan adanya perang dagang antara AS dan China membuat kalangan industri punya kesempatan untuk memperkuat pasar ekspor terutama ke AS dengan produk makanan olahan basah berbasis udang.

“Sampai saat ini komposisi pasar ekspor terbesar kami selama ini ke AS, tapi tahun ini kami mau sasar negara lain seperti Amerika Latin, Timur Tengah, dan Australia,” katanya.

Begitu juga dengan PT Sekar Laut Tbk yang mengandalkan produk makanan olahan kerupuk udang juga ingin melebarkan sayapnya hingga Belanda dan Inggris. Saat ini kontribusi pasar ekspornya baru mencapai 33%.

“Produk snack dan kerupuk pun sudah mulai digemari di Korea Selatan, Jepang, dan China. Untuk itu tahun ini kami  ingin menambah pasar di sana,” ujar Direktur Sekar Laut John Gozal.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Percepatan Vaksinasi Bisa Tekan Angka Covid-19 di Kudus

Percepatan vaksinasi nasional termasuk di Kabupaten Kudus dinilai mampu  menekan laju penyebaran kasus positif Covid-19 di daerah setempat.

Covid-19 Serang 14 Nakes, RS Elisabeth Purwokerto Ditutup Sementara

RS Elisabeth Purwokerto terpaksa menutup sementara semua pelayanan selama sepekan lantaran 14 tenaga kesehatan mereka terpapar Covid-19.

Petani Selo Boyolali Tanam Bawang Merah dengan Bibit Biji, Panen Perdana Hasilkan 9-10 Ton/Ha

Keuntungan usaha tani bawang merah dengan bibit biji antara lain menurunkan biaya produksi, penyimpanan serta distribusi lebih mudah.

Klasemen Grup C setelah Belanda Jadi Tim Ketiga Lolos ke 16 Besar Euro 2020

Memphis Depay dan Denzel Dumfries menjadi aktor kemenangan Belanda lolos ke babak 16 besar Euro 2020.

Yamaha XSR 155 Jadi Andalan Sepeda Motor Harian dan Touring

Daya tarik XSR 155 kian melekat di hati konsumen Indonesia yang menjatuhkan pilihannya pada motor sport heritage itu.

Penting, Ini Tips Mendapatkan Review Bagus dari Pembeli di Tokopedia

Review pembeli sangat menentukan performa dan penjualan toko online di e-commerce, termasuk di Tokopedia.

Mayat Pria Tanpa Identitas Ditemukan di Pantai Samas Bantul, Ini Ciri-Cirinya

Mayat seorang pria paruh baya ditemukan di pinggir Pantai Samas Bantul. Belum diketahui identitas mayat tersebut.

Copa America: Pertahanan Kokoh, Venezuela Tahan Imbang Kolombia 0-0

Kolombia harus berbagi satu poin setelah bermain imbang 0-0 dalam pertandingan Grup B Copa America 2021 di Estadio Olimpico Pedro Ludovico, Goiania.

Proklim, Cara Pemkot Magelang Dukung Jateng Gayeng Telung Ng

Program Jateng Gayeng Telung Ng jadi perhatian Pemkot Magelang dengan gerakan Program Kampung Iklim (Proklim).

Lewat Online Shop Ini Anji Pesan Ganja, Tapi Jangan Coba-Coba Order

Ganja yang digunakan Anji dibeli dari AS melalui sebuah online shop. Ia menggunakan ID orang lain untuk bisa membelinya.

Gunung Merapi Pagi Ini: 2 Kali Luncurkan Awan Panas Guguran dan Lava Pijar sejauh 1,4 Km

Gunung Merapi pagi ini terpantau mengeluarkan dua kali awan panas guguran. Status erapi belum berubah, masih Siaga.

Nama Pati Rupanya Berasal dari Peleburan Tiga Kadipaten

Kisah ini diawali dari pelarian Dewi  Ruyung Wulan, putri dari Adipati Carangsaka yang dinikahkan paksa dengan Menak Jasari, putra dari Kadipaten Paranggaruda.