SOLOPOS.COM - Ilustrasi pengolahan tebu di pabrik gula (disbun.jatimprov.go.id)

Industri gula Jatim bakal dipenuhi tenaga terampilnya oleh lulusan SMK Gula Situmbondo yang didukung PTPN XI.

Madiunpos.com, SITUBONDO — PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XI akan berkontribusi dalam pembentukan sumber daya manusia (SDM) industri gula nasional melalui pembuatan kurikulum belajar tenaga terampil pergulaan untuk SMK Gula Ibrahimy 2 Sukorejo, Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’yah Situbondo, Jawa Timur (Jatim).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Direktur Utama PTPN XI Dolly Parlagutan Pulungan mengatakan SMK Gula Situbondo yang diinisiasi oleh Ponpes Sukorejo itu akan didukung oleh perseroan mengingat pabrik gula yang dimiliki masih sangat membutuhkan tenaga kerja terampil di bidang pergulaan. “Kami memberikan support berupa fasilitas praktek, penyusunan kurikulum dan pengajaran,” katanya seusai Peresmian SMK Gula Sukorejo, Kamis (22/10/2015).

Dia mengatakan, di Situdondo ada empat pabrik gula (PG) dan satu pabrik gula lain ada di Bondowoso, yang memerlukan tenaga terampil dan siap pakai. Diharapkan, lanjutnya, kebutuhan tenaga kerja tersebut mampu dipenuhi oleh SMK Gula Sukorejo.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri BUMN Rini Soemarno yang hari itu singgah berkunjung ke Situbondo menuturkan bahwa kebutuhan tenaga kerja terampil di sektor pergulaan secara nasional masih sangat kurang. Untuk itu, diharapkan pelajar SMK tersebut nantinya ke depan juga bisa melanjutkan ke akademi yang lebih tinggi.

“Kita ini butuh talenta handal dan mengerti tentang pergulaan. Memang sudah ada sekolah kejuruan gula, tapi hanya beberapa daerah dan di Situbondo baru ada,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya