INDUSTRI GULA : PTPN X Elektrifikasi Pabrik Gula

INDUSTRI GULA : PTPN X Elektrifikasi Pabrik Gula

SOLOPOS.COM - Kantor Direksi PTPN X (ptpn10.co.id)

Industri gula Jatim terus berbenah. PTPN X merevitalisasi pabrik-pabrik gula dengan elektrifikasi.

Solopos.com, SURABAYA — PT Perkebunan Nusantara X (PTPN X) secara berkelanjutan melakukan revitalisasi pabrik gula dengan melaksanakan elektrifikasi maupun meningkatkan kapasitas giling melalui pengalokasian dana senilai Rp1,44 triliun. "Selama tahun 2010 hingga 2014 kami berkomitmen untuk selalu membenahi pabrik, termasuk tahun ini," kata Direktur Utama PTPN X, Subiyono di Surabaya, Jatim, Jumat (29/5/2015).

Pada dua tahun mendatang, imbuh dia, perusahaan itu bahkan berinvestasi Rp1,125 triliun. Angka itu bersumber dari dana penyertaan modal negara (PMN) Rp975 miliar dan sisanya dari kas internal serta pinjaman perbankan. "Dana itu akan digunakan untuk peningkatan kapasitas sejumlah pabrik, pembangunan pabrik bioetanol, 'co-generation' untuk produksi listrik, dan pabrik turunan bioetanol," paparnya.

Di samping itu, jelas dia, dilaksanakan peningkatan produksi gula dengan fokus mengoptimalkan produk hilir tebu yang lain. Khususnya bioetanol dan produksi listrik melalui co-generation. "Saat ini hampir semua pabrik gula maju di Thailand, India, atau Brazil sudah melakukannya. Untuk itu Indonesia tidak boleh ketinggalan mewujudkan PG yang terintegrasi dari hulu ke hilir," tuturnya.

Dengan dana PMN, tambah dia, PTPN X akan membangun pabrik bioetanol di kompleks PG Ngadiredjo Kediri dan kapasitas 100 kiloliter per hari. Pabrik bioetanol itu mengolah limbah cair tebu (tetes tebu/molasses) menjadi bioetanol untuk campuran BBM. "Saat ini, kami sudah mempunyai satu pabrik bioetanol yang telah beroperasi di Mojokerto dan produksi tetes tebunya cukup banyak. Padahal, selama ini kami jual ke produsen bumbu masak," ujarnya.

Melalui pabrik bioetanol itu, sebut dia, pihaknya mampu menghasilkan nilai tambah yang lebih baik daripada hanya dijual mentahannya ke produsen bumbu masak.Sementara proyek co-generation yang mengolah ampas tebu menjadi listrik dilaksanakan di tiga pabrik gula. "Pabrik gula itu antara lain PG Ngadiredjo 20 MegaWatt/MW, PG Tjoekir 10 MW, dan PG Gempolkrep Mojokerto 20 MW," tambahnya.

Ia meyakini, dengan memproduksi listrik untuk dijual ke PLN, bioetanol untuk campuran BBM, serta peningkatan kapasitas, pabrik gula bisa memberikan tambahan pendapatan bagi hasil ke petani. Bahkan, juga bisa membuktikan bahwa optimalisasi produk hilir tebu di luar gula tetap tidak akan mengganggu fokus peningkatan produksi gula untuk mencapai swasembada.

 

Berita Terkait

Berita Terkini

Perahu Wisata di Waduk Kedungombo Kemusu Terbalik, Ini Kata BPBD Boyolali

Perahu wisata di di Waduk Kedungombo wilayah Dukuh Bulu, Desa Wonoharjo, Kecamatan Kemusu, Boyolali, terbalik pada Sabtu (15/5/2021) siang.

Prediksi Puncak Arus Balik Tanggal 16 dan 20 Mei, Kemenhub Tingkatkan Tes Acak

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi akan meningkatkan tes antigen secara acak sebagai salah satu upaya menghadapi puncak arus mudik yang kemungkinan terjadi tanggal 16 dan 20 Mei 2021.

Liburan Jelajahi Tempat Wisata Terbaru di Grobogan

Bagi warga Grobogan, wisata di Jowo Dhuwur View menjadi destinasi pelancong dengan beragam macam wahana hiburan yang bisa dinikmati.

Para Selebritas Mualaf Ini untuk Kali Pertama Rayakan Lebaran

Sejumlah selebritas mualaf ini untuk kali pertama merayakan Lebaran.

Selama Ramadan, 300 PGOT Ditangkap Satpol PP Solo, 2 Eksploitasi Anak

Satpol PP Kota Solo selama Ramadan dan Hari H Lebaran menangkap sebanyak 300 pengemis, gelandangan, dan orang terlantar atau PGOT di Kota Solo.

H+2 Lebaran, Arus Lalu Lintas ke Wisata Kemuning-Tawangmangu Macet Lur!  

Arus kendaraan menuju ke jalur wisata Ngargoyoso dan Tawangmangu pada H+2 Lebaran atau Sabtu (15/5/2021) mengalami kenaikan signifikan.

Bagi-Bagi Kupat Jembut di Tradisi Syawalan Khas Semarang

Dalam Bahasa Jawa, kata jembut mungkin memiliki kesan vulgar. Namun jembut di sini rupaya adalah jenis makanan.

Perahu Wisata di Waduk Kedung Ombo Kemusu Boyolali Tenggelam Diduga Kelebihan Muatan

Kecelakaan air terjadi di Waduk Kedung Ombo kawasan Dukuh Bulu, Desa Wonoharjo, Kecamatan Kemusu, Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu (15/5/2021) siang sekitar pukul 11.30 WIB.

Permasalahan Pembayaran THR Banyak Dialami UMKM, Pemerintah Harus Hadir

Pemerintah harus hadir secara langsung untuk menangani masalah pembayaran THR keagamaan bagi perusahaan-perusahaan di segmen UMKM yang tidak mampu melakukan pembayaran sesuai ketentuan.

Perahu Wisata di Waduk Kedungombo Kemusu Boyolali Tenggelam, 9 Orang Hilang

Sembilan penumpang perahu wisata di Waduk Kedungombo, Kemusu, Boyolali, yang tenggelam, Sabtu (15/5/2021) hilang.

Grebeg Ketupat, Tradisi Perayaan Lebaran Khas Magelang

Indonesia memiliki tradisi Lebaran yang unik di setiap daerah. Salah satunya Tradisi Grebeg Ketupat di Kabupaten Magelang.

Petugas Rutan Solo Temukan Handphone, Diduga Dilempar dari Luar Dinding Rutan

Petugas Rutan Kelas I A Solo kembali menggagalkan percobaan penyelundupan benda terlarang di dalam Rutan Solo