Tutup Iklan

INDUSTRI GULA : Pakai Rp650 Miliar Dana PMN, PTPN XI Revitalisasi 2 PG

 Ilustrasi PT Perkebunan Nusantara XI (ptpn-11.com)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi PT Perkebunan Nusantara XI (ptpn-11.com)

Industri gula yang dikembangkan PTPN XI di dua pabrik gula direvitalisasi dengan dana Penyertaan Modal Negara (PMN) Rp650 miliar.

Madiunpos.com, SURABAYA – PT Perkebunan Nusantara XI (PTPN XI) akan menggunakan dana Penyertaan Modal Negara (PMN) senilai Rp650 miliar yang telah diterima untuk mervitalisasi Pabrik Gula (PG) Djatiroto dan PG Assembagoes.

Direktur Keuangan PTPN XI Anang Qoyyum mengatakan, melalui dana tersebut, PTPN XI dapat segera bergerak cepat melaksanakan program-program peningkatan kinerja yang telah direncanakan. “Dana tersebut sudah masuk ke rekening PTPN XI pada akhir Desember,” katanya kepada Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI) di Surabaya, Selasa (5/1/2016).

Direktur SDM dan Umum PTPN XI, M. Cholidi menjelaskan, sesuai dengan peruntukan PMN, dana tersebut akan fokus digunakan untuk merevitalisasi dua PG yakni PG Djatiroto sebesar Rp400 miliar dan PG Assembagoes Rp250 miliar, serta untuk perbaikan dan peningkatan kapasitas produksi. “Kami segera bergerak karena pemerintah sudah sangat serius untuk membantu kami melalui PMN. Maka dari itu kami harus all out,” katanya.

Selain peningkatan kapasitas produksi, lanjut Cholidi, perseroan juga akan mengarah pada peningkatan kualitas produk hingga program hilirisasi yakni menghasilkan produk turunan co-generation atau listrik yang berasal dari ampas tebu. Dia memaparkan, untuk merevitalisasi seluruh PG yang dimiliki diperkirakan membutuhkan investasi hingga Rp3 triliun.

Meskipun telah mendapatkan kucuran dana PMN, PTPN XI juga akan menyiapkan dana internal dan pinjaman dari perbankan, seperti dari BNI sebesar Rp250 miliar. “Kami berharap ada PMN lanjutan sehingga produksi gula kami dapat segera menghasilkan produk yang kompetitif,” imbuhnya.

Adapun kapasitas PG Djatiroto nantinya akan ditingkatkan dari 7.500 ton cane per day (TCD) menjadi 10.000 TCD, sedangkan PG Assembagoes akan ditingkatkan dari kapasitas 3.000 TCD menjadi 6.000 TCD. Untuk program hilirisasi, PG Djatiroto direncanakam bakal membangun pembangkit listrik atau co-generation berkekuatan 10 MW. Bahkan akan ada produk turunan lainnya berupa alkohol yakni dengan cara merevitalisasi pabrik alkohol kualitas prima berkapasitas 12 kl/hari menjadi alkohol kualitas ethanol fuel grade berkapasitas 150 kiloliter/hari.

“Untuk co-generation, setidaknya kami harus meremajakan ketel atau boiler agar menghasilkan energi yang lebih dan proses pembangunanya butuh sekitar 1,5 tahun qtau diperkirakan rampung pada pertengahan 2018,” ujar Cholidi.


Berita Terkait

Berita Terkini

Perampok & Pembunuh Satpam Gudang Rokok di Solo Peragakan 69 Adegan

Terdapat 69 adegan rekonstruksi kasus dugaan perampokan dan pembunuhan satpam gudang rokok di Jl. Brigjend Sudiarto, Joyotakan, Serengan, Solo.

Legenda Syekh Subakir & Asale Gunung Tidar Pakunya Tanah Jawa

Asale Gunung Tidar yang disebut sebagai paku bumi di Tanah Jawa diyakini berkaitan dengan sosok ulama bernama Syakh Subakir.

Pengemudi Mercy Tabrakan di Tol JORR Jadi Tersangka, Gimana Nasibnya?

Polisi menetapkan pengemudi Mercy, MDS, 66, sebagai tersangka kasus kecelakaan beruntun di Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta atau Jakarta Outer Ring Road (JORR) Cakung.

Harga Minyak Goreng Naik Terus Sampai 2022, Ini Sebabnya Bund

Harga minyak goreng diprediksi akan terus naik hingga 2022 karena berbagai faktor.

Dilamar Sang Kekasih, Awkarin Pamer Cincin

Setelah dilamar kekasih, Awkarin pun pamer foto yang memperlihatkan jari-jarinya telah dihiasi cincin.

Miris! Warga di Bali Ini Tarik Air Danau Demi Bisa Minum & MCK

Sejumlah warga desa di Pulau Dewata Bali mengalami krisis air bersih selama bertahun-tahun.

Alumni ISI Solo Gelar Konser Karawitan di Taman Budaya Jawa Tengah

rangkian acara Pameran Seni Rupa dan Pertunjukan Alumni Institut Seni Indonesia (ISI) Solo

3 Pemuda Boyolali Hendak Basmi Klitih Bak Hero, Malah Begini Nasibnya

Sebanyak 3 pemuda Boyolali, Jateng, yakni AA, 18, MAT, 18, dan AAT, 19, ditangkap polisi karena nekat membawa sajam, tetapi mereka mengaku akan menggunakan sajam untuk membasmi klitih.

Ikatan Cinta 30 November 2021: Andin Gak Boleh Dekat Reyna, Al Gimana?

Di bawah ini terdapat sinopsis atau bocoran sinetron Ikatan Cinta episode malam ini, Selasa, 30 November 2021 yang tayang di RCTI 19.45 WIB.

Mahasiswa Fakultas Hukum dan Bisnis UDB Solo Kunjungi Griya Solopos

Sejumlah mahasiswa Prodi S1 Akuntansi dan Bahasa Inggris, Fakultas Hukum dan Bisnis, Universitas Duta Bangsa (UDB) Solo berkunjung ke Griya Solopos, Kamis (25/11/2021).

Misteri Gunung Tidar: Pakunya Tanah Jawa

Gunung Tidar yang berlokasi di Magelang, Jawa Tengah, diyakini sebagai paku bumi Tanah Jawa.

Tanggul Sungai Dawe Jebol, Rumah dan Jalan di Kudus Terendam Banjir

Tanggul jebol sepanjang 15 meter dan tinggi sekitar satu meter akibat intensitas hujan yang tinggi

Kerajaan Mataram Islam di Balik Asale Tanah Jawa

Kerajaan Mataram Islam memiliki  peninggalan bersejarah yang menjadi bagian dari kisah tanah Jawa yang tidak terlupakan.

Jateng Belum Berniat Tutup Tempat Wisata saat Libur Nataru

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah atau Pemprov Jateng belum berencana menutup destinasi wisata di wilayahnya saat libur akhir tahun atau Nataru nanti.

Gibran Jamin Keamanan Mahasiswa Papua Belajar di Solo

Selain menjamin Kota Solo aman ditinggali mahasiswa asal Papua, Gibran Rakabuming Raka juga menyebut Kota Bengawan layak dijadikan tujuan belajar mengingat biaya hidup yang murah dan lokasinya yang strategis.

Pilih Aneka Ayam Panggang Hanya di I Am In Love

Menu I Am In Love ini dikemas dalam aneka menu nasi boks yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.