Industri Game Online di Indonesia Makin Berkembang, Ini Hlo Buktinya!

Percaya enggak kamu kalau industri game khususnya online berkembang begitu pesat di Indonesia selama 10 tahun terakhir?

 Ilustrasi kompetisi game online. Peserta mengikuti Diplomat E-Sports Champions League (DECL) di Poseidon Games Center, Manahan, Solo, Minggu (18/10/2020). (Solopos/Ichsan Kholif Rahman)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi kompetisi game online. Peserta mengikuti Diplomat E-Sports Champions League (DECL) di Poseidon Games Center, Manahan, Solo, Minggu (18/10/2020). (Solopos/Ichsan Kholif Rahman)

Solopos.com, SOLO — Bagaimana sih perkembangan industri game online di Indonesia selama ini?

Kian hari, game online makin diminati oleh masyarakat, baik anak-anak, remaja, hingga dewasa. Selain bisa sebagai sarana hiburan, game juga ternyata bisa menguntungkan secara finansial.

Regional Marketing Community Development Supervisor PT Wismilak Inti Makmur Jateng DIY, Fresha Kurnia Herdianto pun mengakui industri game Tanah Air berkembang begitu pesat.

Baca Juga: Ternyata Ini Sosok PNS Terkaya di Indonesia, Hartanya Capai 1 Triliun

Ia mengatakan industri game online di Indonesia mengalami perkembangan selama 10 tahun terakhir. Hal ini diawali dengan game di komputer, playstation, hingga yang saat ini menjadi tren adalah mobile gaming.

“Semakin ke sini mobile gaming antusiasmenya semakin tinggi. Bahkan, mengalahkan PC gaming sama PS. Kkarena mungkin mudah dijangkau karena paket data ada, secara kecepatan internet support dan dari HP spesifikasinya mendukung. Di mana 10 tahun terkahir ada game Mobile Legend, PUBG yang menyita antusiasmie di gaming,” ungkap pria yang kerap disapa Fresha kepada Solopos.com, Sabtu (27/11/2021) melalui sambungan telepon.

Baca Juga: Daftar Pemenang SCTV Awards 2021, Lengkap dengan Nominasinya

Bukan hanya berkembang dari segi infrastruktur, industri game di Indonesia juga meningkatkan dari segi perekonomian. Sehingga menurut pria berusia 26 tahun ini, gamers harus didukung.

“Game itu bisa menjadi industri yang meningkatkan perekononian. Sebenarnya kenapa kok kita tertarik untuk men-support ekosistemnya, karena antuasiame game semakin tinggi. Kalau ekosistem enggak di-support. cuma stag saja. Kalau didukung pasti ada jalan yang lebih baik untuk mengembangkan itu,” imbuh dia.

Baca Juga:  Gaji yang Cukup untuk Tinggal di Solo Versi Netizen

Peran Pemerintah dalam Industri Game di Indonesia

Perkembangan industri game di Indonesia ini juga tak lepas dari peran pemerintah. Apalagi esports kini tela diakui sebagai salah satu cabang olahraga dan masuk dalam pergelaran PON XX di Papua. Selain itu, atlet-atlet esports juga telah terwadahi dalam organisasi Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI). “Harapan saya untuk pemerintah biar bisa profesional dalam mengelola esports. Profesional dalam artian tidak ada kepentingan pribadi atau politik dalam esports dan dikelola bersama,” ungkap dia.

Meski industri game di Indonesia perkembangannya menunjukkan arah positif, Fresha mengimbau untuk semua pihak juga mengedukasi pelaku game. Terutama terkait batasan waktu untuk bermain game.

Baca Juga: Ide Seru Bikin Acara Natal dan Tahun Baru 2022 yang Tak Terlupakan

“Harapannya bukan hanya men-support tapi juga mengedukasi pencinta game. Kalau sudah cukup [main game] sudah selesai. Jadi refreshing dapat, kesehatan dapat, prestasi di sekolah akademik juga dapat,” jelas dia.

Di akhir pembicaraannya, Fresha berharap esports Indonesia menjadi nomor satu di Asean mengalahkan Filipina. “Harapan ke dekat minimal nomor satu di Asean. Sebenarnya sudah pernah nomor 1 tapi kita 11- 12 dengan Filipina,” pungkas dia.

Baca Juga: Misteri Kawin Gancet di Makam Kukun Karanganyar

Sebagai informasi, Solopos Media Group dengan Diplomat menggelar turnamen esports bergensi perdana di Jogja, yakni Solopos Diplomat Jogja Esport Arena (SDJEA) 2021 dengan hadiah total senilai Rp20 jutaan.

Adapun pendaftaran kompetisi turnamen esports ini telah dibuka sejak 11 November 2021 hingga 11 Desember 2021 mendatang dengan menghubungi di nomor 0897-9258-984.

Baca Juga:  Ini Tempat Wisata di Semarang yang Menarik Dikunjungi, Ada Pantai Hlo!

Kompetisi yang sukses diadakan di Solo pada awal November 2021 ini akan diadakan di Jogja pada Desember 2021 mendatang. Babak penyisihan akan dimulai pada 15,16, dan 17 Desember lalu babak final digelar di Sleman City Hall pada 19 Desember 2021 mendatang.

Berita Terkait

Espos Plus

Jaksa Ajukan Banding, Jurnalis Tempo Masih Dilindungi LPSK

+ PLUS Jaksa Ajukan Banding, Jurnalis Tempo Masih Dilindungi LPSK

Jurnalis Tempo di Kota Surabaya, Jawa Timur, Nurhadi, hingga kini masih dalam perlindungan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK). Jaksa penuntut umum mengajukan banding atas vonis terhadap dua polisi penganiaya Nurhadi.

Berita Terkini

Bio Farma Belum akan Impor Booster, Pemerintah Masih Pakai Vaksin Hibah

Holding BUMN Farmasi PT Bio Farma (Persero) belum mendapat penugasan untuk melakukan impor vaksin Covid-19 pada tahun ini.

Larangan Dicabut, 29 Perusahaan Telah Ekspor Batu Bara dengan 48 Kapal

Kementerian Perdagangan melaporkan 48 kapal bermuatan batu bara dari 29 perusahaan telah meninggalkan perairan Indonesia  untuk ekspor.

Siap Layani Penerbangan Haji, Garuda akan Pakai Jenis Pesawat Ini

Maskapai penerbangan nasional PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk menyiapkan armada khusus penerbangan haji pada 2022.

Alasan Bank BJB Optimistis Tatap 2022 Lebih Cerah

Bank BJB pada 2021 telah melakukan berbagai inovasi dan pengembangan digitalisasi sehongga berdampak pada pendapatan fee based income yang naik signifikan.

250 Juta Liter Digelontor, Minyak Goreng Satu Harga Rp14.000 Mulai Besok

Pemberlakuan kebijakan satu harga untuk minyak goreng Rp14.000,00 per liter akan dimulai Rabu, 19 Januari 2022 pukul 00.00 WIB di seluruh Indonesia.

Citranet Gelar Lomba Bikin Maskot Berhadiah Rp12 Juta, Buruan Ikut!

PT Jembatan Citra Nusantara (Citranet) menggelar lomba atau kontes cipta maskot dengan hadiah total mencapai Rp12 juta.

Mengintip Inovasi Layanan Baru Gojek di 2022

Masuki tahun 2022, Gojek fokus pada dua aspek inovasi yaitu keandalan layanan dan integrasi antarlayanan transportasi.

Respons Cepat PLN Pulihkan Gangguan Listrik Akibat Cuaca di Semarang

PLN berhasil memulihkan aliran listrik pasca terjadinya hujan deras disertai angin kencang yang melanda wilayah Kabupaten Semarang pada Senin (17/1/2022) siang.

BRI Beri Penghargaan Mitra Bisnis dengan Solusi IT Terbaik bagi Nasabah

Sebagai salah satu Banking Group terbesar di Indonesia, BRI telah bermitra dengan 142 partner atau mitra dalam penyediaan solusi TI untuk menunjang bisnis BRI.

Aplikasi Akuntansi, Solusi Pembukuan Makin Mudah dan Tepat

Akuntansi berbasis web atau aplikasi akuntansi akan menghilangkan kebutuhan untuk instalasi, upgrade, pertukaran file data, backup, dan pemulihan data.

Emas Antam Turun! Cek Yuk Harga Emas Pegadaian Selasa 18 Januari 2022

Pergerakan harga emas batangan 24 karat yang dijual di Pegadaian pada Selasa (18/1/2022) ini terlihat naik untuk emas UBS dan turun untuk cetakan Antam.

Webinar Gratis Ini Kasih Hadiah Rp300.000, Kalian Wajib Ikut!

Webinar gratis bertajuk Tips Tulang Sehat Untuk Pasien Autoimun yang dipersembahkan Rumah Sakit Indriati berhadiah total Rp300.000.

Tanpa Ribet, Begini Cara Mengajukan KPR Bersubdisi di BTN Terbaru

Bank BTN membuka peluang bagi masyarakat untuk mengajukan Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) dengan cepat dan mudah melalui program KPR BTN Bersubsidi.

Jokowi Izinkan MotoGP Mandalika Disaksikan 100.000 Penonton

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyetujui penambahan jumlah penonton MotoGP 2022 seri-2 pada 18 - 20 Maret 2022 di Sirkuit Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah.

The Sunan Hotel Solo Gelar Capacity Building Hotelier, Ini Tujuannya

The Sunan Hotel Solo menilai pelatihan terkait service excellence dan motivasi hotelier perlu dilakukan secara berkala dan dilaksanakan secara tepat waktu.