Industri Game Online di Indonesia Makin Berkembang, Ini Hlo Buktinya!

Percaya enggak kamu kalau industri game khususnya online berkembang begitu pesat di Indonesia selama 10 tahun terakhir?

 Ilustrasi kompetisi game online. Peserta mengikuti Diplomat E-Sports Champions League (DECL) di Poseidon Games Center, Manahan, Solo, Minggu (18/10/2020). (Solopos/Ichsan Kholif Rahman)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi kompetisi game online. Peserta mengikuti Diplomat E-Sports Champions League (DECL) di Poseidon Games Center, Manahan, Solo, Minggu (18/10/2020). (Solopos/Ichsan Kholif Rahman)

Solopos.com, SOLO — Bagaimana sih perkembangan industri game online di Indonesia selama ini?

Kian hari, game online makin diminati oleh masyarakat, baik anak-anak, remaja, hingga dewasa. Selain bisa sebagai sarana hiburan, game juga ternyata bisa menguntungkan secara finansial.

PromosiDrone Makin Dibutuhkan, Riset dan Inovasi Dalam Negeri Masih Lemah

Regional Marketing Community Development Supervisor PT Wismilak Inti Makmur Jateng DIY, Fresha Kurnia Herdianto pun mengakui industri game Tanah Air berkembang begitu pesat.

Baca Juga: Ternyata Ini Sosok PNS Terkaya di Indonesia, Hartanya Capai 1 Triliun

Ia mengatakan industri game online di Indonesia mengalami perkembangan selama 10 tahun terakhir. Hal ini diawali dengan game di komputer, playstation, hingga yang saat ini menjadi tren adalah mobile gaming.

“Semakin ke sini mobile gaming antusiasmenya semakin tinggi. Bahkan, mengalahkan PC gaming sama PS. Kkarena mungkin mudah dijangkau karena paket data ada, secara kecepatan internet support dan dari HP spesifikasinya mendukung. Di mana 10 tahun terkahir ada game Mobile Legend, PUBG yang menyita antusiasmie di gaming,” ungkap pria yang kerap disapa Fresha kepada Solopos.com, Sabtu (27/11/2021) melalui sambungan telepon.

Baca Juga: Daftar Pemenang SCTV Awards 2021, Lengkap dengan Nominasinya

Bukan hanya berkembang dari segi infrastruktur, industri game di Indonesia juga meningkatkan dari segi perekonomian. Sehingga menurut pria berusia 26 tahun ini, gamers harus didukung.

“Game itu bisa menjadi industri yang meningkatkan perekononian. Sebenarnya kenapa kok kita tertarik untuk men-support ekosistemnya, karena antuasiame game semakin tinggi. Kalau ekosistem enggak di-support. cuma stag saja. Kalau didukung pasti ada jalan yang lebih baik untuk mengembangkan itu,” imbuh dia.

Baca Juga:  Gaji yang Cukup untuk Tinggal di Solo Versi Netizen

Peran Pemerintah dalam Industri Game di Indonesia

Perkembangan industri game di Indonesia ini juga tak lepas dari peran pemerintah. Apalagi esports kini tela diakui sebagai salah satu cabang olahraga dan masuk dalam pergelaran PON XX di Papua. Selain itu, atlet-atlet esports juga telah terwadahi dalam organisasi Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI). “Harapan saya untuk pemerintah biar bisa profesional dalam mengelola esports. Profesional dalam artian tidak ada kepentingan pribadi atau politik dalam esports dan dikelola bersama,” ungkap dia.

Meski industri game di Indonesia perkembangannya menunjukkan arah positif, Fresha mengimbau untuk semua pihak juga mengedukasi pelaku game. Terutama terkait batasan waktu untuk bermain game.

Baca Juga: Ide Seru Bikin Acara Natal dan Tahun Baru 2022 yang Tak Terlupakan

“Harapannya bukan hanya men-support tapi juga mengedukasi pencinta game. Kalau sudah cukup [main game] sudah selesai. Jadi refreshing dapat, kesehatan dapat, prestasi di sekolah akademik juga dapat,” jelas dia.

Di akhir pembicaraannya, Fresha berharap esports Indonesia menjadi nomor satu di Asean mengalahkan Filipina. “Harapan ke dekat minimal nomor satu di Asean. Sebenarnya sudah pernah nomor 1 tapi kita 11- 12 dengan Filipina,” pungkas dia.

Baca Juga: Misteri Kawin Gancet di Makam Kukun Karanganyar

Sebagai informasi, Solopos Media Group dengan Diplomat menggelar turnamen esports bergensi perdana di Jogja, yakni Solopos Diplomat Jogja Esport Arena (SDJEA) 2021 dengan hadiah total senilai Rp20 jutaan.

Adapun pendaftaran kompetisi turnamen esports ini telah dibuka sejak 11 November 2021 hingga 11 Desember 2021 mendatang dengan menghubungi di nomor 0897-9258-984.

Baca Juga:  Ini Tempat Wisata di Semarang yang Menarik Dikunjungi, Ada Pantai Hlo!

Kompetisi yang sukses diadakan di Solo pada awal November 2021 ini akan diadakan di Jogja pada Desember 2021 mendatang. Babak penyisihan akan dimulai pada 15,16, dan 17 Desember lalu babak final digelar di Sleman City Hall pada 19 Desember 2021 mendatang.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

10 Prajurit TNI Membantu Local Strongman Mengelola Kerangkeng Manusia

+ PLUS 10 Prajurit TNI Membantu Local Strongman Mengelola Kerangkeng Manusia

Sepuluh orang prajurit TNI ditetapkan menjadi tersangka kasus penganiayaan dan penyiksaan penghuni kerangkeng manusia di rumah Bupai Langkat nonaktif, Provinsi Sumatra Utara, Terbit Rencana Peranginangin.

Berita Terkini

Ini Dia Jajaran Direksi Baru PT Astra Daihatsu Motor

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengumumkan jajaran direksi baru pada 18 Mei 2022 di Jakarta.

Temui DPUPR Kendal, Semen Grobogan Paparkan Produk sampai Sedulur SGB

Aplikasi Sedulur SGB memudahkan bagi pengguna, terutama pengguna Semen Grobogan, supaya lebih mudah memperoleh Semen Grobogan.

Jawaban Mengapa Ingin Bekerja di Perusahaan Kami Pas Interview Kerja

Banyak yang bingung dengan pertanyaan "Mengapa Anda Ingin Bekerja di Perusahaan Kami" saat wawancara kerja.

Belanja Penanganan Covid-19 Turun Signifikan, Ini Penjelasan Menkeu

Pemerintah mencatat total realisasi belanja hingga April 2022 mencapai Rp77 triliun, turun jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yang mencapai Rp98,7 triliun.

Keren, Tokopedia Bersama BI dan OJK Luncurkan Modul Literasi Keuangan

Tokopedia bersama Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meluncurkan Modul Literasi Keuangan, Senin (23/5/2022).

Sinergi Finnet dan BPD Banten Dorong Akselerasi Ekonomi Digital Banten

Dengan sinergi Finnet dan BPD Banten ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat luas.

Orang Solo Suka Belanja Gadget di Tokopedia, Seller Untung 2 Kali Lipat

Pedagang di Tokopedia mengalami keuntungan hampir dua kali dengan tren orang Solo gemar belanja gadget.

Muslim Life Fair Ramaikan Jogja Awal Juni 2022

Lima Events berkolaborasi dengan Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia (KPMI) bakal menggelar Muslim Life Fair 2022 di Jogja

Indef: Kolaborasi GOTO dan Telkomsel Saling Menguntungkan

Peneliti ekonomi digital Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Nailul Huda menilai kolaborasi antara PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) dengan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) akan memberikan keuntungan yang setara kepada kedua belah pihak setelah keduanya menyepakati investasi dan rencana kemitraan.

Jelang Pengumuman Suku Bunga, Kurs Rupiah Ditutup Melemah

Kurs rupiah terhadap dolar AS terpantau melemah pada penutupan perdagangan Senin (23/5/2022) menjelang keputusan Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia (RDG BI) terkait suku bunga.

IHSG Ditutup Anjlok 1,1 Persen, Senin (23/5/2022)

Indeks sempat menyentuh level tertinggi di 6.972,18 dan terendah 6.802,71 hari ini. Investor asing cenderung masuk dengan net buy Rp154,05 miliar.

Lagi, DJKN Kemenkeu Lelang Aset Tommy Soeharto, Akankah Laku?

Direktur Pengelolaan Kekayaan Negara dan Sistem Informasi (PKNSI) DJKN Kementerian Keuangan Purnama Tioria Sianturi menjelaskan bahwa pihaknya akan kembali melelang aset jaminan Tommy Soeharto.

Jokowi Tugasi Luhut Urusi Minyak Goreng

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan kembali mendapatkan tugas dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk ikut menangani persoalan minyak goreng.

BI Diproyeksi Tahan Suku Bunga Acuan 3,5 Persen

Kepala Ekonom Bank Permata Josua Pardede mengatakan langkah tersebut akan tetap diambil BI dalam RDG bulan ini dengan pertimbangan menjaga stabilitas nilai tukar rupiah dan stabilitas harga atau inflasi.

Keran Ekspor CPO Dibuka, Segini Harga Migor di Daerah

Ikatan Pedagang Pasar Tradisional Indonesia (Ikappi) melaporkan harga minyak goreng (migor) curah di berbagai daerah masih di atas Rp17.000-20.000 per liter.