Industri E-Sports Indonesia Tumbuh Subur, Jangan Puas Hanya Jadi Pasar!

Pemerintah mencatat sekitar 115 juta warga Indonesia yang familiar dengan game online.

 COO Anantarupa Studios, Diana Paskarina.

SOLOPOS.COM - COO Anantarupa Studios, Diana Paskarina.

Solopos.com, SOLO—Perkembangan industri e-sport di Indonesia cukup menggembirakan beberapa tahun terakhir. Pemerintah mencatat sekitar 115 juta warga Indonesia yang familiar dengan game online.

Kejuaraan e-sport pun tumbuh subur di tataran nasional maupun internasional. Belakangan e-sport bahkan masuk sebagai cabang olahraga yang dipertandingkan dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) 2021 di Papua.

Namun Indonesia diminta tak langsung puas dengan berkembangnya ekosistem e-sport belakangan. Anak bangsa didorong aktif menjadi pengembang (developer) game online secara mandiri alih-alih hanya menjadi obyek pasar game online buatan luar negeri.

Baca Juga: Persis Solo Ajukan Izin Stadion Sriwedari untuk Latihan

COO Anantarupa, Diana Paskarina, mengatakan Indonesia punya sumber daya manusia (SDM) yang tak kalah berbakat untuk mengembangkan game online. “Kita punya 115 juta player, sepertiga warga Indonesia main game. Namun jangan hanya puas menjadi pasar, jadilah pelaku, penghasil karya. Kita punya talenta dan skill,” ujar Diana dalam jumpa pers virtual Piala Presiden Esports (PPE) 2021, Selasa (14/9/2021).

Diana mengatakan Indonesia adalah satu-satunya negara di Asia Tenggara yang telah mampu memproduksi game online. Anantarupa sendiri mengembangkan Lokapala, sebuah game Multiplayer Online Battle Arena (MOBA), yang terinsiprasi dari Candi Borobodur.

Lokapala turut dimainkan dalam PPE yang dimulai awal Oktober hingga akhir November 2021. Lima game lain yang dipertandingkan berasal dari luar negeri yakni Mobile Legend, PUBG, Free Fire, PES 2021, dan Speed Chess.

Baca Juga: Jokowi Teken Perpres Atur Dana Abadi Pesantren

 

PON Papua

“Selaku developer, kami sangat bersyukur dan berterima kasih bisa ikut serta di ajang ini. Semoga ini dapat membuka jalan bagi game developer lain untuk semakin menggairahkan ekosistem e-sport nasional,” ujar Diana.

Lokapala yang menggaet PT Melon Indonesia sebagai publisher sebelumnya juga dipastikan bakal dipertandingkan dalam PON 2021 di Papua. Lokapala mencetak sejarah sebagai game e-sports lokal pertama yang ikut serta dalam ajang PON.

Sementara itu pemetintah menegaskan komitmen dan dukungannya untuk memajukan ekosistem dan industri e-sport nasional. Penyelenggaraan PPE yang telah memasuki tahun ketiga menjadi salah satu upaya pemerintah mewujudkan hal itu.

Baca Juga: Jokowi Teken Perpres, PNS Bolos 10 Hari Bisa Dipecat

“Indonesia harus siap menjadi pemimpin dalam dunia e-sports. Kita memiliki potensi luar biasa dari sisi sumber daya generasi muda, ekosistem keolahragaan, dan juga industri e-sports,” ujar Kepala Kantor Staf Kepresidenan RI, Moeldoko.

 


Berita Terkait

Berita Terkini

Persipur Di Liga 3, Bupati Ingin Mengulang Kejayaan Laskar Petir

Persipur akan menjalani home turnamen Liga 3 di Kendal bersama Persibat Batang, Persik Kendal, PSDB Demak, dan PSIR Rembang.

PSG Pati Banjir Sanksi dari Komdis PSSI, Manajemen Banding

Manajemen PSG Pati mengajukan banding kepada Komisi Disiplin (Komdis) PSSI menyusul empat sanksi yang diberikan kepada tim milik Atta Halilintar itu.

Komdis PSSI Keluarkan 14 Sanksi Liga 2, PSG Pati Paling Banyak

Komisi Disiplin (Komdis) PSSI menyidangkan sejumlah pelanggaran selama gelaran BRI Liga 1 dan Liga 2 mulai 8 September hingga 17 Oktober 2021.

Ronaldo Lagi-Lagi Jadi Pahlawan MU

Manchester United memang patut berterima kasih kepada Cristiano Ronaldo. Pasalnya, pemain berpaspor Portugal itu kembali menjadi pahlawan kemenangan Setan Merah.

Duh! Anthony Ginting Mundur dari Denmark Open 2021, Ini Penyebabnya

Tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting memutuskan untuk mundur dari kejuaraan Denmark Open 2021.

Hasil Lengkap Liga Champions: Chelsea Menang Telak, MU Nyaris Keok

Pertandingan ketiga Grup E hingga Grup H telah selesai pada Kamis (21/10/2021) dini hari WIB.

Kalahkan Barito Putera, PSIS Semarang Puncaki Klasemen Liga 1

PSIS Semarang menjadi pemuncak klasemen sementara Liga 1 musim 2021-2022 setelah mengalahkan Barito Putera di Stadion Manahan Solo.

Dua Pemain PSG Pati Dihukum Berat Komdis PSSI, Ini Pelanggarannya

Dua pemain PSG Pati mendapat hukuman dari Komisi Disiplin (Komdis PSSI) karena perilaku tak terpuji di lapangan.

Prediksi Skor & Susunan Pemain Barcelona vs Dynamo Kyiv

Liga Champions musim ini akan menyajikan laga Barcelona melawan Dynamo Kyiv di Grup E.

Prediksi Skor & Line Up MU vs Atalanta, Setan Merah Gagal Menang?

Manchester United akan mendapat tantangan dari wakil Italia, Atalanta, pada gameweek ketiga Grup F Liga Champions.

PSG Pati Juru Kunci, Atta Halilintar: Kini Setiap Laga Seperti Final!

PSG Pati atau yang juga dikenal dengan nama AHHA PS Pati kini menjadi juru kunci setelah kalah dari PSIM Jogja, Selasa (19/10/2021).

Gibran Nonton Bareng Atta Halilintar, Kaesang: Ahsyiap Mas Wali

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, diketahui ikut menonton secara langsung pertandingan PSG Pati melawan PSIM Jogja di Stadion Manahan Solo.

Moto GP di Mandalika, Bos Sepang Takut Penonton di Malaysia Berkurang

Sirkuit Sepang Malaysia menjadi salah satu venue Moto GP di Asia Tenggara dalam beberapa tahun terakhir.

Persis Solo Tunjuk Misha Radovic Sebagai Direktur Teknik, Apa Tugasnya?

Persis Solo resmi menunjuk Misha Radovic sebagai Direktur Teknik, Selasa (19/10/2021). Penunjukkan itu merupakan komitmen manajemen membuat Persis Solo semakin profesional dan berprestasi.

Direktur Teknik Baru Persis Solo Ternyata Punya Lisensi UEFA

Persis Solo resmi menunjuk Misha Radovic sebagai Direktur Teknik, Selasa (19/10/2021). Ternyata, dia telah memiliki lisensi UEFA.